BUMDes Cibodas Sulap Sampah Menjadi Bermanfaat

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

BUMDes Cibodas Sulap Sampah Menjadi Bermanfaat

REDAKSI
Jumat, 23 Februari 2018






CIANJUR - cekupdate.com
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabilulungan Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, telah mengembangkan berbagai
inovasi, mulai dari pengembangan pertanian, membangun fasilitas olahraga, hingga menyulap sampah menjadi nilai ekonomis.

Direktur BUMDes Sabilulungan Desa Cibodas, Prasetyo menjelaskan saat ini BUMDes tersebut tengah fokus mengembangkan pengelolaan sampah. Sehingga sampah yang dibuang masyarakat bisa diolah menjadi bermanfaat.

"Kami pun sudah menyediakan alat mengolah sampah tersebut dengan cara memilah jenis sampah organik dan non organik. Diharapkan dengan upaya ini bisa membuat Desa Cibodas bersih dan sejahtera," tuturnya Jum,at (23/2/2018).

Diakuinya Prasetyo, hasil dari sampah yang sudah diolah ini bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PADes), karena saat ini pun sudah ada segmentasi pasar yang menampung hasil olahan sampah tersebut.

"Tak hanya pengolahan sampah, kami pun tengah membangun fasilitas olahraga yang nantinya fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dan disewakan untuk umum, dan tentunya juga dapat meningkatkan Pendapatan Desa," paparnya.

Terpisah,Kepala Desa Cibodas Abdullah Hambali menjelaskan apa yang kini dilalksanakannya bersama BUMdes ini sesuai dengan visi dan misi Desa Cibodas yang agamis, bersih, sehat, dan sejahtera. Sehingga pihaknya memprioritaskan pembangunan sesuai potensi unggulan.

"Tak hanya pembangunan sarana olahraga, dan kantor BUMdes yang lengkap dengan mesin pengolahan sampah. Kami pun mengembangkan potensi tanaman hias, pertanian, dan produk lainnya yang ada di Desa Cibodas," terangnya.

Diakuinya, demi menciptakan desa yang religius pihaknya pun sudah membuat Peraturan Desa (Perdes) mewajibkan warga mengadakan pengajian saat waktu magrib, hingga Peraturan larangan buang sampah sembarangan.

"Diharapkan Desa Cibodas bisa maju, agamis, dan sejahtera," tukasnya.

Lanjut nya Upaya yang dilakukan Pemdes Cibodas ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi 2 DPR - RI Riza Patria yang langsung menyambanginya. "Saya sangat menyambut baik apa yang sudah dilakukan Pemdes Cibodas Kecamatan Pacet, ini sesuai dengan amanah UU Desa," ujarnya.

Dirinya mengakui Desa Cibodas ini merupakan salah satu desa yang mengelola Dana Desa dan Bumdes dengan baik. Nampak unsur desa sudah mengelola desa potensi desa dengan baik.

"Dana Desa yang digulirkan pemerintah yang nilainya sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1 Miliar ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pelayanan sosial dan kesehatan, hingga
pemberdayaan masyarakat. Dan saya lihat Desa Cibodas ini sudah baik dalam pengelolaanya," pungkasnya.

Reporter : Dedy