Ketua Umum HMI Kritik Komentar Dishub Terkait Terminal Cicurug

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Ketua Umum HMI Kritik Komentar Dishub Terkait Terminal Cicurug

REDAKSI
Selasa, 27 Februari 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Sekolah Tinggi Hukum (STH) Sukabumi Alan Efendi mengkritik komentar Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi terkait kondisi rusaknya terminal Cicurug dengan alasan karena tidak ada penghuninya.

"Kami mahasiswa sebagai control dengan tujuan mengawasi jalannya roda pemerintahan, dan lebih tepatnya kami prihatin melihat fasilitas utama dan penunjang untuk masyarakat tepatnya di anggap mainan dalam hal membangun infrastruktur pembangunan terminal Cicurug," ungkap Ketua HMI Komisariat STH Sukabumi Alan Efendi kepada cekupdet.com, Senin (26/02/2018).

Menurutnya, pembangunan terminal tersebut sudah cukup lama, bahkan sekarang ini sudah masuk di tahun ketiga, harusnya pembangunan tersebut direncanakan dan di maksimalkan sebisa mungkin karena ini merupakan tupoksi mereka.

"Saya sangat menyayangkan langkah Dishub dinilai sangat lamban langkahnya untuk membangun infrastruktur. Dan seolah-olah tidak serius dalam hal perencanaan pembangunan terminal tersebut," ketusnya.

Selanjutnya Efendi menerangkan, ketika berpedoman pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)  Nomor 132 tahun 2015 tentang penyelenggaraan terminal penumpang angkutan jalan, lebih jelasnya dalam pasal 41 mengatur bahwa Pemerintah Daerah wajib melakukan pemeliharaan terhadap terminal tersebut.

"Ini aturannya sangat jelas dan saya tegaskan pemeliharaan itu wajib untuk dilakukan, Namun seolah-olah mereka berpangku tangan dan duduk manis, ironisnya ketika mereka tidak mengoptimalkan anggaran tahun 2016 dan 2017 dengan mudahnya berstatment kerusakan itu diakibatkan karena tidak ada penghuninya," tegasnya.

Ketum HMI menilai, hal tersebut berlawanan karena fungsi terminal itu sebagai tempat tunggu kendaraan umum dan tempat berjalannya roda perekonomian Masyarakat Sukabumi yang disediakan oleh Pemerintah Daerah. Dishub sendiri menurutnya hanya bisa melakukan pemborosan anggaran tanpa ada langkah konkret dan serius terhadap  pembangunan fasilitas umum tersebut.

"Di samping kita mengkritisi, kami (HMI) komisariat STH Pasundan memberikan solusi bahwa langkah Dishub Kabupaten Sukabumi dalam hal pembangunan harusnya melihat bagaimana pembangunan terminal di luar negeri, oleh karena itu alangkah baiknya lebih di tingkatkan kualitas SDMnya, jangan asal membangun saja," pungkasnya.

Reporter : MA/Redaksi cekupdate.com