Perkuat Sikap Toleransi Masyarakat Dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Perkuat Sikap Toleransi Masyarakat Dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan

REDAKSI
Selasa, 20 Februari 2018






SUKABUMI - cekupdate.com
Pentingnya budaya sikap toleransi, kepedulian sosial dan gotong royong dalam tatanan kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan sejahtera menjadi tujuan dari penyelenggaraan sosialisasi peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial di kalangan masyarakat.

" Dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat maka diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati, sehingga tidak terjadi perbedaan yang dapat menimbulkan pertikaian atau perselisihan, " ujar Anggota MPR RI Hj. Dewi Asmara SH, MH di Hotel Berlian, Kota Sukabumi, Kamis (8/02/2018).

Toleransi merupakan sikap masyarakat yang tidak menyimpang dari aturan, dimana setiap orang saling menghargai atau menghormati setiap tindakan yang dilakukan sesesorang. Sikap toleransi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sedangkan tindakan-tindakan yang mengarah pada kekerasan serta ancaman sosial berbentuk paham radikalisme, tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa.

Dewi Asmara mengingatkan para pelajar SMA yang menjadi Pengurus dan Anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sukabumi, agar mengamalkan sikap toleransi dalam bermasyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

" Negara ini dibentuk dari nilai-nilai Pancasila dan jiwa patriotisme yang tinggi, dimana sikap toleransi menjadi pendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk, " tutur Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar MPR ini.

Dalam Sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal IKA yang dilaksanakan di Hotel Berlian Kota Sukabumi, Dewi Asmara menekankan para pengurus dan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Sukabumi agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan senantiasa mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

" Bangsa Indonesia membutuhkan kebersamaan dan persatuan dalam menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, baik yang berasal dari dalam maupun dari Luar Negeri, " pungkasnya.

Reporter: Dicky
Editor : Jack