Puluhan Warga Batulawang Terancam Direlokasi Akibat Bencana Pergerakan Tanah

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Puluhan Warga Batulawang Terancam Direlokasi Akibat Bencana Pergerakan Tanah

REDAKSI
Jumat, 23 Februari 2018






CIANJUR - cekupdate.com
Sedikitnya terdapat 17 Rumah rusak akibat pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Sindanglangu Rt. 05/11 dan Kampung Lemburwarung Rt. 03/10, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Saya sudah dapat laporan ada pergerakan tanah di Kampung Sindanglangu," Ucap Kepala Desa Batulawang Nanang Rohaendi.Jum,at (23/2/2018).

Nanang menuturkan, hasil dari beberapa kajian sebetulnya tanah yang berada di kampung tersebut memang rawan terjadi pergerakan tanah. "Namun untuk merelokasi warga kami masih menunggu persetujuan pihak perkebunan," tuturnya.

Lanjut Nanang, sedikitnya ada 70 kepala keluarga (KK) yang tinggal di daerah tersebut yang terancam bencana pergeseran tanah.

"Alhamdulilah hari ini dari BPBD Cianjur sudah turun, kami tinggal menunggu hasilnya apakah harus cepat direlokasi atau tidak," Imbuhnya.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi mengatakan, pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Sindanglangu dan Lemburwarung tersebut sudah pernah terjadi di tahun 2015 lalu.

"Penyebabnya karena intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan kembali terjadi pergerakan tanah seperti tahun 2015 lalu, dan hari ini tercatat ada sebanyak 17 unit rumah yang rusak,  dan Jalan perkampungan Sindanglangu ambles 126 meter, serta lahan, kebun dan sawah seluas 4 hektare rusak berat," pungkasnya.

Reporter : Dedy