Puluhan Wartawan Gelar Aksi Penolakan RKUHP di Gedung DPRD Sukabumi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Puluhan Wartawan Gelar Aksi Penolakan RKUHP di Gedung DPRD Sukabumi

REDAKSI
Senin, 19 Februari 2018



SUKABUMI, cekupdate.com
Puluhan wartawan yang tergabung dalam komunitas Jurnalis Sukabumi Bersatu (JSB) menggelar aksi damai ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi tepatnya di Jalan Raya Jendral Sudirman Komplek Perkantoran Jajaway Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (19/02/2018).

Aksi tersebut sebagai bentuk penolakan Rencana Kitab Undang - undang Hukum Pidana (RKUHP) yang di nilai akan banyak menimbulkan keresahan di berbagai elemen masyarakat, termasuk di kaum jurnalis.

"Penyebabnya terdapat sejumlah pasal - pasal karet yang dikhawatirkan dapat mengekang kebebasan pers, jika RKUHP itu disahkan," ungkap Kordinator Lapangan (Korlap) Wilda Topan saat menggelar aksi di lokasi tersebut.

Selanjutnya kata dia, peserta aksi yang tergabung dari media Cetak, Elektronik dan online baik nasional maupun lokal dengan tegas menolak dilanjutkan pembahasan RKUHP tersebut.

"Tuntutan kami saat ini menolak tiga rumusan pasal dalam RKUHP yang mengancam kebebasan pers, kemudian kami akan mendesak DPR untuk meninjau kembali RKUHP tersebut sebelum di tetapkan atau di sahkan, selanjutnya kami insan Pers meminta kepada mereka untuk dilibatkan dalam pembahasan RKUHP tersebut agar penetapan pasal - pasal  di dalamnya tidak mengancam kebebasan kaum jurnalis," tegasnya.

"Dan pasal yang akan ditetapkan saat ini tidak sejalan dengan Undang - undang Nomer 40 tahun 1999 tentang Pers, seperti diantaranya, Pasal 309 ayat (1) perihal Berita Bohong, Pasal 328 - 329 perihal contempt of court. Pasal 494 tentang Tindak Pidana Pembukaan Rahasia. Pasal 262 - 264 tentang Penghinaan terhadap Presiden dan Wakil Presiden, Pasal 284 dan 285 tentang penghinaan terhadap pemerintah. Semua pasal tersebut kami anggap itu sudah mengkebiri kebebasan kami selaku kaum jurnalis tentunya," jelas dia.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi menyambut baik aksi tersebut, dirinya akan menyampaikan dan teman -teman di DPR RI bisa memperjuangkan aspirasi tersebut.

"Kita sudah membuat jadwal antara tanggal 27 atau tanggal 28 kita akan ke jakarta. Dan aspirasi ini saya rasa sangat positif dan kami akan melaksanakan apa yang sudah di putuskan menjadi undang - undang," pungkasnya.

Reporter : Fa'is/Dicky