BBPKH Cinagara Latih Peternak Serta Tenaga Medis Kehewanan

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

BBPKH Cinagara Latih Peternak Serta Tenaga Medis Kehewanan

REDAKSI
Rabu, 21 Maret 2018




CIANJUR - cekupdate.com
Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor, memberikan pelatihan teknik tematik penanggulangan penyakit brucellosis (Keguguran pada sapi dan rabies) kepada petugas peternakan serta peternak di Cianjur. Pelatihan tersebut di berikan selama beberapa hari mulai dari Selasa 20 hingga Jum'at 24 Maret 2018.

Tenaga pelatih (Widyaiswara) BBPKH Cinagara, Wilmy Rahmah menjelaskan bahwa, pelatihan tersebut diberikan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada hewan.

"Sebab kesehatan hewan memiliki peran penting dalam siklus reproduksi hewan. Oleh karena itu kami ikut aktif dalam penanganan dan pelatihan, agar pengusaha dan tenaga medis peternakan bisa lebih memahami tentang tata cara menjaga kesehatan hewan," ujarnya kepada Cekupdate.com, Rabu (21/3/2018).

Menurutnya, keberhasilan reproduksi tersebut tentunya akan sangat mendukung peningkatan populasi sapi di daerah, meskipun saat ini kata dia, usaha peternakan rakyat masih sering dijumpai kasus gangguan reproduksi, disebabkan rendahnya fertilitas induk, akibatnya kata dia, berpengaruh terhadap penurunan kehamilan serta kelahiran sapi, sehingga populasi sapi dan pasokan penyedia daging secara nasional menurun.

"Gangguan reproduksi tersebut umumnya yang terjadi pada sapi di antaranya adalah retensio sekundinarium atau ari-ari tidak keluar, dan gangguan lainnya ialah  kesulitan melahirkan (Distokia) serta keguguran dan lahir prematur," terangnya.

Selanjutnya kata dia, tentunya gangguan reproduksi tersebut menyebabkan kerugian ekonomi sangat besar bagi petani yang berdampak terhadap penghasilan peternak. "Gangguan ini umumnya disebabkan beberapa faktor diantaranya, penyakit reproduksi, buruknya sistem pemeliharaan, tingkat kegagalan kebuntingan dan masih adanya pengulangan inseminasi," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Cianjur Winny mengungkapkan, dirinya sangat berterimakasih kepada BBPKH Cinagara Bogor yang telah memberikan materi pelatihan tentang fisiologi reproduksi, gangguan reproduksi, penyakit keturunan dan fungsional (hormonal) serta kebidanan pada hewan hingga penyakit rabies yang berbahaya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan dalam menditeksi penanganan gangguan reproduksi. Dengan demikian harapan saya setelah pelatihan ini peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di lapangan," tukasnya.

Reporter : Dedy