BUMDes Sukanagalih Berhasil Mewakili Indonesia Ke Kuala Lumpur

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

BUMDes Sukanagalih Berhasil Mewakili Indonesia Ke Kuala Lumpur

REDAKSI
Senin, 26 Maret 2018




CIANJUR - cekupdate.com
Dengan prestasi dan inisiasi mengembangkan potensi wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Utama Mandiri Desa Sukanagalih lolos sebagai salah satu delegasi Indonesia yang resmi ditunjuk Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi Republik Indonesia mewakili Indonesia ke Kuala Lumpur Malaysia.

Direktur BUMDes Sukanagalih Abdul Hamid menuturkan hasil seleksi yang ketat BUMDes Sukanagalih bersama 10 UKM lainnya di indonesia akan berangkat ke Kuala Lumpur Malaysia yang akan dilaksanakan tanggal 2 hingga 5 April 2018.

"BUMDes Sukanagalih masuk di kategori pengembangan Desa Wisata sebagai sentra pemasaran produk lokal desa, bersama dengan Bumdes Goa Pindul Yogyakarta, dan Bumdes Pujon Kidul Malang," paparnya kepada cekupdate.com Senin ( 26/03/2018).

Diakuinya, bermodalkan kepedulian lingkungan dengan visi menggali potensi wilayah bumdes tersebut berhasil mengembangkan wisata air dengan memanfaatkan aliran Bendungan Cinangka. Kini, ratusan wisatawan kerap melancong ke lokasi tersebut yang diberi nama Desa Wisata Kampung Irigasi.

"Setelah bersih, mulailah kami menyediakan perlengkapan sederhana untuk tubing (papalidan, red) berupa Ban Dalam Besar, Rompi Pelampung dan Helm Adventure," ujarnya.

Kemudian lanjut dia, untuk mempromosikan wisata tersebut dirinya melakukan postingan photo melalui medsos dan media online, dan hasilnya jumlah pengunjung terus bertambah. "Maka tidak heran ketika bulan pertama dibuka bertepatan dengan liburan akhir tahun, jumlah pengunjung sangat fantastis," tuturnya.

Menurutnya berdasarkan laporan, sekitar 1.000 orang berkunjung dan berekreasi ke objek wisata tersebut. Selain wisata Irigasi, BUMDes juga mengembangkan potensi lainnya seperti, Kampung Budaya Taman Pak Tani, Kampung Santri, Kampung Seni dan Kampung Industri.

"Dengan fakta tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa apapun potensi yang ada jika digali dengan kreatifitas tinggi dan kerja keras, hasil tidak akan pernah mengecewakan," tukasnya.

Reporter : Dedy