Demi Menekan Alih Fungsi Lahan Dinas Pertanian Gelar Diseminasi LP2B

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Demi Menekan Alih Fungsi Lahan Dinas Pertanian Gelar Diseminasi LP2B

REDAKSI
Rabu, 14 Maret 2018




SUKABUMI - cekupdate.com
Demi menekan alih fungsi lahan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi gelar Diseminasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tahun 2018 tepatnya digelar di Aula UPTD Pertanian Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (14/02/2018).

"Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat yang kami sampaikan melalui perangkat desa yang ada di wilayah II Cibadak yaitu tentang LP2B," ungkap Kepala Seksi Bidang Pembiayaan Data Informasi dan Sumber Daya Manusia  Gilar M Akmal disela kegiatan.

Menurutnya, setelah itu pihak desa akan mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat yang akan dilaksanakan di masing - masing desa.

"Intinya LP2B ini bertujuan untuk menekan laju alih fungsi lahan sawah, utamanya lahan - lahan yang menjadi objek pertanian," tuturnya.

Gilar menjelaskan, lahan pertanian itu bisa saja di pindah alih fungsinya oleh program nasional untuk kepentingan umum seperti Jalan Tol Sukabumi yang nantinya akan dibangun. "Lahan pertanian yang kena Jalan Tol tidak akan jadi masalah karena itu untuk kepentingan umum," terangnya.

Sementara menurutnya, berbeda ketika lahan pertanian tersebut di alih fungsikan oleh pengembang, apalagi lahan sawah yang beririgasi misalnya, "Maka pengembang harus mengganti lahan tersebut sebanyak tiga kali lipat, dan tentunya lokasi tersebut harus berada di Kabupaten Sukabumi," paparnya.

Kemudian lanjut dia, ketika yang di alih fungsikan tersebut lahan sawahnya pasang surut, "maka mereka harus mengganti Dua kali lipat, dan ketika lahan sawah tadah hujan, cukup hanya satu kali lipat saja," pungkasnya.

Reporter : Dicky
Editor      : Fa'is