Diduga Maraknya Pungutan Liar di DPMPTSP Cianjur

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Diduga Maraknya Pungutan Liar di DPMPTSP Cianjur

REDAKSI
Rabu, 07 Maret 2018





CIANJUR - cekupdate.com
Buruknya pelayanan hingga dugaan pungutan liar marak di lakukan oknum pegawai nakal masih terjadi di Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut diungkapkan Rudi (40) warga Cipanas, dirinya mengeluhkan selain buruknya pelayanan perizinan di Dinas tersebut, dirinya juga kerap di pusingkan oleh oknum yang meminta sejumlah uang tanpa melihat aturan yang berlaku.

"Saya pernah di WhatsApps (WA) oleh oknum pegawai dinas perijinan untuk menyiapkan sejumlah uang di luar Retribusi Daerah," tuturnya kepada cekupdate.com, Rabu (07/0/2018).

Menurut Rudi, permintaan uang itu di sampaikan oleh oknum tersebut setelah dirinya melampirkan semua berkas permohonan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sebuah Ruko yang ada di Jalan Raya Cipanas ke Dinas tersebut.

"Saya harus di pusingkan dulu hingga bolak-balik ke kantor perijinan untuk menanyakan IMB tersebut kapan beresnya, hingga ujung - ujungnya jadi meminta uang," paparnya.

Padahal menurutnya, izin tersebut di peruntukan bukan untuk pembangunan ruko swasta melainkan itu murni milik Pemerintah Desa Cipanas, melalui program revitalisasi kawasan pertokoan di Cipanas. Dan itu langsung diketahui dan di dukung oleh Bupati Cianjur.

"Bahkan itu sudah di kasih surat disposisi oleh Pak Bupati untuk kelancaran pembuatan berkas, namun ironisnya mereka masih tetap minta duit," ketusnya.

Sementara pemerhati kebijakan dan pelayanan publik Kabupaten Cianjur Ade Kosasih menuturkan bahwa, tugas penting bagi instansi pelayanan publik yang utama adalah memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga yang memerlukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Jelas bagi siapa yang tidak mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, sudah menjadi tugas Bupati selaku pemangku kebijakan untuk mengevaluasi kembali pejabat tersebut," ujarnya.

Kemudian lanjut dia, dirinya sangat menyayangkan terkait masih maraknya dugaan pungutan Liar (Pungli) di Dinas tersebut. namun anehnya kata dia, hingga saat ini belum ada tindakan tegas dari pemerintah.

"Sudah jelas itu pungli, melanggar hukum, laporkan saja ke pihak berwenang, biar nanti di tindak tim Saber Pungli kalau benar sudah terbukti," pungkas Ketua LBH Cipanas tersebut mengakhiri.

Reporter : Dedy
Editor      : Fa'is