Ketua HMI: "Kelakuan Oknum Disdukcapil Mencoreng Pelayanan Publik

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Ketua HMI: "Kelakuan Oknum Disdukcapil Mencoreng Pelayanan Publik

REDAKSI
Rabu, 07 Maret 2018





Sukabumi - cekupdate.com
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat STH Pasundan Alan Efendi menuturkan dirinya prihatin dengan kondisi pegawai pelayanan publik yang ada di sukabumi saat ini.

Terlebih lagi tertangkapnya seorang oknum pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi kemarin yang berinisial DD, dilakukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Kota Sukabumi dengan dugaan barang bukti hasil pungutan uang senilai 6 Juta rupiah.

"Kelakuan Oknum Pegawai tersebut sudah jelas mencoreng kinerja pelayanan publik yang ada di sukabumi khususnya saat ini," ungkap Alan Efendi kepada cekupdate.com, Selasa (06/03).

Menurutnya, tentunya dengan tertangkapnya oknum tersebut masyarakat hilang kepercayaan kepada kinerja pelayanan publik yang semakin merosot.

"Hanya gara - gara uang tidak seberapa mereka melakukan hal yang sangat memalukan dan melanggar hukum," tuturnya.

Selanjutnya kata Alan, penerapan konsekuensi hukum kepada oknum ASN yang melanggar aturan tentunya harus di tegakan, dan perlu adanya regulasi aturan main mengenai bagaimana seorang ASN bertindak, bekerja dan berperilaku, agar dapat melahirkan disiplin, etika dan norma hukum.

"Dalam PP Nomor : 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil sudah jelas disebutkan Kesanggupan mereka untuk mentaati kewajiban dan menghindari semua larangan," jelasnya.

Kemudian lanjut Alan, Perlu adanya penegakan aturan kepada para aparatur birokrasi yang dilakukan secara simultan dan konsisten, melalui peraturan perundang-undangan dengan menerapkan sanksi hukum secara tegas.

"Tindak tegas siapapun yang melakukan pelanggaran agar kedepannya melahirkan ASN yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)," pungkasnya mengakhiri.

Reporter : M.Fa'is