Lambannya Proses IMB di DPMPTSP Cianjur Disoal Warga

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Lambannya Proses IMB di DPMPTSP Cianjur Disoal Warga

REDAKSI
Selasa, 06 Maret 2018





CIANJUR - cekupdate.com
Beberapa Kalangan masyarakat Cianjur mengeluhkan lambatnya proses pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur. Meskipun syarat yang di ajukan pemohon sudah di lengkapi, namun Dinas tersebut terkesan lamban dalam pelayanan.

Hal tersebut di keluhkan Dedi (32) warga Pacet, dirinya mengurus IMB sudah sejak Bulan Februari 2018 lalu, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan kepastian dari dinas terkait kapan IMB tersebut keluar.

"Sudah satu bulan yang lalu pak saya membuat IMB bahkan semua persyaratan sudah saya lampirkan, namun sayangnya sampai saat ini IMB tersebut belum keluar," tuturnya saat ditemui cekupdate.com dirumahnya, Selasa (06/03).

Hal serupa juga dirasakan Rudi Lazuardi (40) warga Cipanas, sudah semenjak tanggal 19 Februari lalu dirinya menyerahkan dokumen permohonan IMB Ruko sebanyak 21 buah kepada DPMPTSP Cianjur. "Namun sampai saat ini belum ada satupun yang sudah jadi, padahal berkasnya sudah dinyatakan lengkap oleh mereka," terangnya.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, bahkan uang Retribusi Pemasukan Pajak Daerah senilai 95 Juta sudah ia Transfer melalui Bank yang di tunjuk.

"Namun hingga saya bulak balik ke Dinas, belum ada jawaban yang jelas kapan IMB tersebut selesai," ketusnya.

Menurutnya, padahal Standar Operasional Prosedural (SOP) IMB tersebut sudah di sebutkan dalam aturan, diantaranya, Perda Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Retribusi IMB, Perda Nomor 12 Tahun 2005 Tentang Perubahan Pertama Atas Peraturan Daerah Nomor 23 Tentang Retribusi IMB, Perbup Nomor 50 Tahun 2009 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Tentang IMB, Perbup Nomor 57 2009 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan pada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal.

"Dalam aturan tersebut di jelaskan bahwa, batas waktu penyelesaian IMB itu 14 hari setelah berkas dinyatakan lengkap," tegasnya dengan nada kesal.

Sementara Kepala Dinas DPMPTS Cecep S Alamsyah belum bisa di konfirmasi  Cekupdate.com terkait lambannya pelayanan pengurusan IMB tersebut, dengan alasan dirinya sedang ada di luar.

"Pak kadisnya tidak ada, sedang ada kegiatan Gorol pak di luar," jawab salah satu pegawai Dinas tersebut.

Reporter : Dedy Herdiansyah
Editor      : M.Fa'is