Peringati Hari Air Sedunia Penggiat Seni Sunda Gelar Ngalokat Cai

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Peringati Hari Air Sedunia Penggiat Seni Sunda Gelar Ngalokat Cai

REDAKSI
Kamis, 22 Maret 2018




CIANJUR - cekupdate.com
Dalam rangka memperingati hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, penggiat seni sunda gelar "Ngalokat Cai" tepatnya di kawasan Wisata Cadas Gantung Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/03/2018).

"Gagasan Ngalokat Cai ini membuktikan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia sudah sejak ribuan tahun silam menghargai dan mensyukuri air, oleh karena itu ada budaya Ngalokat Cai," ungkap Penggiat Seni Budaya dan Lingkungan Eko Wiwid kepada Cekupdate.com di lokasi.

Menurutnya, hal tersebut berbeda dengan orang Amerika yang sejak 1970  memperingati Hari Air se-dunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret. Kemudian kata dia, Bangsa Indonesia itu sudah mempunyai ciri kearifan lokal tersendiri, oleh karena itu kata dia, Ngalokat Cai ini merupakan gerakan kebudayaan dalam menyelamatkan lingkungan hidup. "Terutama air yang merupakan sumber kehidupan," tuturnya.

Selanjutnya kata dia, Prosesi tersebut bukan sekedar seremonial saja, tetapi itu sangat sakral sekali, bahkan kata dia, dalam pelaksanaannya pun harus dilakukan dengan niat yang tulus untuk memohon kepada Tuhan yang Maha Esa.

"Ini merupakan bentuk syukur kepada Sang Maha Pencipta, yang sudah memberikan kenikmatan salah satunya Air. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong, seperti istilah pepatah sunda bilang "Sangkan ngarti tur surti kana diri" jadi intinya kita harus mengerti dan memahami terhadap diri kita sendiri," ujarnya.

Sementara Fajri Maulana yang juga masih penggiat seni budaya menambahkan bahwa, kawasan Cadas Gantung ini kaya akan sejarah dan budaya. Tentunya ini harus dibuka dan dipahami bersama, terlebih aliran air disini dinikmati masyarakat banyak.

"Dulu salah satu sejarahnya sebelum ke Gunung Gede, para pemangku jabatan di berbagai kerajaan mensucikan diri disini. Sehingga memang di Cadas Gantung ini salah satu tempat sakral dan bersejarah. Dan kami sangat bersyukur prosesi seperti ini dapat dilaksanakan secara turun temurun demi keharmonisan alam," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Ngalokat Cai tersebut diantaranya, Kapolres Cianjur, Pemdes Gadog dan Cibodas, Muspika, serta dari beberapa komunitas kesenian seperti, Sanggar Binangkit, Karinding Bogor, Pasukan Kabuyutan, Polunter, Tapak Pelung, Majelis Alat Gagang Cikundul, Paguyuban Gentra Pasundan Sumedang, Komunitas Cicak dan Unsur elemen masyarakat lainnya.

Reporter : Dedy