Peringati Peduli Sampah Nasional Ratusan Pedagang Bersihkan Pantai Pelabuhan Ratu

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Peringati Peduli Sampah Nasional Ratusan Pedagang Bersihkan Pantai Pelabuhan Ratu

REDAKSI
Jumat, 09 Maret 2018




SUKABUMI - cekupdate.com
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kabupaten Sukabumi Ratusan pedagang di Pelabuhan ratu gelar bersih - bersih sampah sepanjang pinggir Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jum'at (09/03/2018).

Kegiatan tersebut, selain diikuti oleh ratusan pedagang juga melibatkan berbagai unsur pemerintah diantaranya, Muspika Kecamatan Pelabuhan Ratu, Muspida, Pelajar, Ormas, OKP, serta Masyarakat.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yang di canangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup diikuti secara serentak di seluruh Indonesia selama 3 Bulan, mulai dari 21 Januari hingga 21 April 2018," ungkap Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri kepada cekupdate.com di lokasi.

Menurutnya, Kegiatan ini bisa menjadi pemicu kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah, oleh karena itu kata Sekda, pemerintah akan membentuk penanggung jawab kebersihan disepanjang pantai pelabuhan ratu. "Dan kami juga sudah menunjuk 8 orang penanggung jawab di beberapa wilayah," tuturnya.

Selanjutnya kata Iyos, sebetulnya penanggung jawab tersebut sudah mulai beroperasi hari ini, yang ditugaskan untuk memantau dan bertanggung jawab menjaga kebersihan di wilayahnya masing - masing. "Dan tentunya itu harus bisa menjalin kerjasama dengan para pedagang, agar dapat menjaga kebersihan sepanjang pantai," terangnya.

Sementara Kepala kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi  Abdul Qodir menerangkan bahwa, sebagaimana telah di tetapkan melalui Perpres nomor 97 tahun 2017 yaitu pada tahun 2005 terdapat pengurangan sampah sebanyak 30 persen atau sekitar 20,9 juta ton, dan penanganan sampah pada saat itu mencapai 70 persen atau 49,9 juta ton.

"Coba anda bayangkan jutaan ton sampah mengotori bumi ini, maka dengan adanya kegiatan peduli sampah seperti ini, seluruh elemen masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Sukabumi di dorong untuk turut andil agar dapat mengelola sampah di lingkungannya masing - masing," pungkasnya.

Reporter : Ivan
Editor      : Fa'is