Potensi Agrowisata Cipanas Butuh Pengembangan Secara Optimal

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Potensi Agrowisata Cipanas Butuh Pengembangan Secara Optimal

REDAKSI
Selasa, 27 Maret 2018




CIANJUR - cekupdate.com
Kondisi agrowisata di kawasan Cianjur Utara (Cirut) hingga kini belum dikembangkan secara maksimal.Hal tersebut bisa terlihat dengan pemasaran dan sosialisasi yang memang tidak optimal.

Pemerhati Sosial, Ade Kosasih, menjelaskan, daerah Agrowisata di wilayah Kecamatan Cipanas,Pacet dan Cugenang memiliki potensi yang luar biasa. Hanya saja hingga kini pemanfaatannya kurang optimal, sehingga nasib para petani pun kurang terfasilitasi.

"Langkah utama yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten khususnya, yakni dengan langkah pembenahan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),"tuturnya kepada Cekupdate.com, Selasa​ (27/3/2018).

Menurutnya, kemudian harus ada pembenahan SDM, bagi para pelaku usaha agrowisata misalnya dengan cara pelatihan keterampilan petani untuk mengolah lahannya. "Diharapkan pengelola agrowisata, bisa memperbaiki administrasinya. sehingga dapat menata dengan baik," ungkapnya.

Selain itu kata dia, Agrowisata itu harus memiliki daya tarik bagi para wisatawan agar senantiasa berkunjung. Selanjutnya dirinya menjelaskan, salah satu produk unggulan agrowisata Cianjur Utara ini salah satunya jenis sayur mayur. "Tentunya hal tersebut perlu dikembangkan dengan berbagai komoditas lokal dari setiap daerah, seperti dengan terus mengembangkan potensi sayur unggulan Cipanas, yakni wortel," tuturnya.

Dia menegaskan, Indonesia itu merupakan negara agraris. Makanya, pihaknya mengajak bersama-sama melestarikan keanekaragaman hayati. "Kami yakin, dengan upaya tersebut, mampu mendongkrak jual produk-produk hasil pertanian, dan menarik wisatawan untuk terus  mengunjungi agrowisata di kawasan Cipanas," imbuhnya.

Reporter : Dedy