Asep Ikhwan. SE : "Mari wujudkan Masyarakat Informasi yang Cerdas, Bijak dan Bermartabat"

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Asep Ikhwan. SE : "Mari wujudkan Masyarakat Informasi yang Cerdas, Bijak dan Bermartabat"

REDAKSI
Senin, 30 April 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Gerakan Minat Baca Cara menangkal berita HOAX di Mata Kepala Pembina YASTI (Yayasan Tarbiyyah Islamiyah) Sukabumi, Senin (30/04/2018).

Kepala Pembina Yayasan Perguruan YASTI (Yayasan Tarbiyyah Islamiyyah) Cisaat Sukabumi Asep Ikhwan. SE disela usai acara peresmian Gedung YASTI di Jalan Veteran No. 66 Cisaat Sukabumi Jawa Barat, dalam menyinggung berita HOAX yang beredar di Mesia Sosial  harus bijak.

"Sebetulnya ini merupakan PR besar bagi bangsa ini, karena terkait dengan dunia pendidikan juga. Menjadi salahsatu tanggungjawab kami, bagaimana kami mengedukasi seluruh siswa di YASTI ini khususnya menjadi Pioneer dalam menangkal berita HOAX," paparnya kepada cekupdate.com di sela acara.

Asep Ikhwan. SE menambahkan, Penyebabnya itu karena rendahnya Budaya Literasi, Budaya Baca 'Semakin rendahnya Budaya Baca sebuah Bangsa, maka HOAX akan semakin Subur'. 

"Salahsatu cara penangkalan berita HOAX yaitu tumbuh kembangkan kembali Budaya Baca 'Semakin Cerdas suatu Bangsa itu, semakin Sulit ditembus HOAX'," jelas Kepala Pembina YASTi Sukabumi.

Kita harus Cerdas, Bijak dan Bermartabat. Karena apa yang kita tulis, apa yang kita bicarakan Pasti dipertanggyng jawabkan di Dunia dan di Akhirat nanti. Sebelum mempercayai sebuah berita, kita harus Verifikasi, Tabayyun apakah ini sumber berita dari yang dapat dipercaya atau dari sumber yang tidak dipercaya. 

"Nah ini, jadi kita jangan hanya membaca sebuah berita dengan selewat saja, membaca judulnya saja ini yang menjadi bahaya. Dari hal itu kita harus membaca, menyimak sebuah berita dan bisa menyimpulkan sebuah berita ini dari sumber yang dipercaya atau tidaknya suatu media," bebernya.

Asep Ikhwan. SE sangat prihatin dengan turunnya Budaya Baca, "Kalau memang Media Sosial banyak Madhorot dibanding Manfaatnya, kenapa tidak di Tutup saja," tegasnya.

Dirinya melakukan seminimal mungkin di YASTI ini bagi Siswa-Siswi agar Tidak menjadi bagian dari Penyebaran HOAX. "YASTI akan selalu terdepan dalam menangkal HOAX dengan meningkatkan Gerakan Literasi atau Gerakan Minat Baca dikalangan Pelajar dan Guru sehingga tercipta Masyarakat Informasi yang Cerdas, Bijak dan bermartabat," jelas Kepala Pembina YASTI Kabupaten Sukabumi.

Asep Ikhwan. SE memiliki Optimisme yang tinggi, "YASTI selalu siap bersama- sama dengan TNI/ POLRI menjaga Kondisifitas di tengah- tengah masyarakat dalam posisi Netral dalam menghadapi semua Kontestasi Politik yang bermartabat," pungkasnya.

Reporter : Dasep M
Editor : Jack