Diduga Lakukan Pungli Warga Meminta Camat Kadudampit Diproses

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Diduga Lakukan Pungli Warga Meminta Camat Kadudampit Diproses

REDAKSI
Kamis, 19 April 2018



Photo ilustrasi Pungli

SUKABUMI - cekupdate.com
Diduga lakukan Pungutan Liar (Pungli) terkait rekomendasi perizinan Minimarket (Alfamart) yang berlokasi didepan Taman Strawberry, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, warga meminta Camat Kadudampit Zaenal Abidin diproses secara hukum.

"Saya mengetahui perbuatan oknum camat tersebut setelah mendapat laporan dari pihak Alfamart berinisial TM yang sedang mengurus rekomendasi izin," ungkap Lucky warga sekitar yang sekaligus Anggota LSM Gerakan Aktivis Penyelamat Uang Negara (Gapura), Kamis (19/04/2018).

Menurutnya, pihak Alfamart mengaku diminta sejumlah uang oleh oknum Camat tersebut untuk memuluskan tanda tangan rekomendasi pendirian Alfamart.

"Pengakuan pihak Alfamart, camat meminta uang sebesar Rp 5 juta rupiah untuk rekomendasi izin tersebut," kata Lucky.

Selanjutnya kata dia, perbuatan oknum camat tersebut tidak sampai disitu saja, ternyata kata dia, ketika pembanguan Alfamart itu di laksanakan, dia kembali meminta uang senilai 3 Juta Rupiah dengan dalih untuk Para Awak Media.

"Perbuatan tercela itu kembali dilakukan Camat tersebut, dia kembali meminta uang ke pihak Alfamart sebesar 3 juta dengan alasan untuk Media/Wartawan," terangnya.

Dengan demikian kata Lucky, perbuatan tersebut tentunya sudah jelas melanggar aturan bahkan terancam Pungli sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 huruf e UU RI no 21 tahun 2001 tentang perubahan atas UU no.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Oleh sebab itu saya meminta kepada Aparat Penegak Hukum agar mengusut  kasus ini, dan seharusnya Awak Media pun ikut melaporkan perbuatan Camat tersebut karena itu sudah jelas mencemarkan Media," pungkasnya mengakhiri.

Reporter : Fa'is