Pembangunan Jalan Desa Sekarwangi Dinilai Tidak Transparan Terhadap Masyarakat

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Pembangunan Jalan Desa Sekarwangi Dinilai Tidak Transparan Terhadap Masyarakat

REDAKSI
Kamis, 26 April 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Pengerjaan proyek pembangunan ruas jalan Kampung Bantar Muncang Rw 09 - Rw 06, di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terkesan tidak transparan. Hal tersebut terlihat dari papan informasi pekerjaan pengaspalan jalan yang di pasang oleh pihak Pelaksana tanpa dicantumkan besaran anggarannya.

Pantauan di lokasi, ruas jalan tersebut menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 dengan volume 275 x 3 Meter ini dinilai tidak transparan dan menyisakan pertanyaan bagi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Rw 09, Lukman Nurhakim (50) menuturkan bahwa banyak warga masyarakat yang mempertanyakan ke saya terkait pengerjaan jalan tersebut namun saya tidak bisa menjelaskannya, " Walaupun dulu sempat di bahas di Kantor Desa namun saya meminta adanya papan informasi yang lebih terperinci, " ungkapnya.

Harusnya pihak Pemerintah Desa kepada Pelaksana di lapangan lebih proaktif, " Kalau tanpa informasi jelas seperti ini, tentunya masyarakat terus bertanya terkait anggaran tersebut, jadi saya pun sebagai RW nantinya dapat memberikan informasi terhadap masyarakat tanpa mengira ngira dan salah ucap apabila ada yang menanyakan lagi, " terang Lukman kepada cekupdate.com di kediamannya, Kamis (26/04/18).

Sementara itu menurut Ketua Tim Pelaksana Kerja Desa (TPKD) yang juga mejabat sebagai ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Desa Sekarwangi, Enan Sopian Anwar dirinya menuturkan bahwa anggaran tersebut 250 juta, " Saya juga sempat tegur pembuat papan informasi tersebut, " katanya.

Disinggung tentang tidak dicantumkannya besaran anggarannya pada papan informasi pekerjaan seakan menyalahkan pembuat papan informasi tersebut, " Saya sudah memberitahukannya dari jauh hari namun pembuat papan informasi ini terkesan lamban dan tak menghiraukan apa yang diminta kita, " cetus Enan.

Ditempat terpisah Kepala Desa Sekarwangi Anwar S seakan tak mau dimintai keterangan terkait pembangunan jalan tersebut, " Nanti saya akan berkoordinasi dulu, " terangnya sambil bergegas pergi.

Reporter : Diky
Editor : Jack