Raden Siti Jenab Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Raden Siti Jenab Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

REDAKSI
Rabu, 11 April 2018



CIANJUR - cekupdate.com
Tahapan pengusulan tokoh sejarah pendidikan Cianjur Raden Siti Jenab menjadi pahlawan nasional mulai digarap serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Hal tersebut diawali dengan digelarnya seminar nasional tentang Raden Siti Jenab, di Kampus Universitas Suryakancana. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pakar sejarah, tokoh pendidikan, dan keturunan Raden Siti Jenab.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur Aban Sobandi menuturkan, Raden Siti Jenab memiliki peran penting dalam sejarah pendidikan di Kabupaten Cianjur.

"Semasa hidupnya ia sebagai pelopor pendidikan di Cianjur terutama kaum perempuan. Dengan jasa yang sudah diberikan oleh Ibu Siti Jenab kepada masyarakat Cianjur, tentunya kami sangat menyambut baik adanya usulan Siti Jenab menjadi pahlawan nasional," tuturnya, Rabu (11/4/2018).

Sekda pun berharap usulan Pemkab Cianjur bisa direspons positif langsung oleh Pemerintah pusat. Dan saat ini Pemkab Cianjur akan membuat cagar budaya yang berkaitan dengan Ibu Jenab.

"Mengenai rancangan dan bangunannya sudah dikaji, kami berharap menjadi satu destinasi cagar budaya, sementar untuk isu tempat parkir itu tak benar," paparnya

Sementara itu keturunan Raden Ibu Jenab, Boyke Hakim mengapresiasi langkah Pemkab Cianjur yang akan memberikan penghargaan dengan mengusulkan Ibu Jenab menjadi Pahlawan Nasional.

"Secara garis besar mewakili keturunan Ibu Jenab kami berterima kasih, mudah mudah apa yang dicita-citakan berhasil serta menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Cianjur," pungkas Boyke.

Reporter : Dedy
Editor : Jack