Warga Babakan Nangela Peringati Isra Mi'raj

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Warga Babakan Nangela Peringati Isra Mi'raj

REDAKSI
Senin, 23 April 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Warga masyarakat Kampung Babakan Nangela Desa Cipanengah Kecamatan Bojong Genteng mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati Isra Mi'raj 1439 H yang secara langsung dibuka oleh Sesepuh Masjid Asa'adah, Sabtu (21/04/18).

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam (SAW) yang kita selenggarakan ini, mempunyai arti penting bagi umat Islam. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

" Kegiatan ini hakikatnya merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga saat ini kita semua masih diberi kesehatan, kekuatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas kita, " ungkap Sesepuh.

Perangatan Isra Mi'raj tersebut menghadirkan Ustadz Uu Solehudin yang juga Anggota Kodim 0607 Kota Sukabumi berpangkat Sertu sebagai penceramah dan pada peringantannya Untuk Meningkatkan Iman Dan Ketaqwaan, Disiplin, Loyalitas warga terhadap Negeri.

Dalam tausiah Ustadz Uu, ia menyampaikan bahwa peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad Sallallahu 'alaihi Wassalam (SAW), diambil dari dua buah kata yang penuh arti. Yaitu Isra yang berarti perjalanan malam dan Miraj yang berarti naik ke langit.

" Perjalanan malam yang dimaksud adalah, perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari peristiwa Isra Mi'raj inilah umat Islam di seluruh dunia mengenal yang namanya shalat dan diwajibkan untuk melakukan shalat 5 waktu dalam sehari semalam, " jelasnya.

Lanjut dia, peristiwa Isra Mi'raj terjadi pada tanggal 27 Rajab (3 tahun sebelum hijrah). Nabi Muhammad SAW waktu itu sudah berumur 51 tahun, dan peristiwa tersebut terjadi saat tengah malam hingga subuh waktu Mekah.

" Peristiwa ini terjadi karena Nabi Muhammad SAW yang sedang dalam keadaan duka. Beliau telah ditinggal mati oleh dua orang yang dia cintai, yaitu Khadijah sang istri dan Abu Thalib sang paman. Sehingga untuk menghibur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT mengajak Nabi Muhammad SAW ke suatu perjalanan hingga sampai ke sidrotulmuntaha untuk bertemu dengan-Nya, " pungkas Ustadz Uu.



Sementara itu menurut tokoh masyarakat sekitar Awan Kurniawan menuturkan, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara warga, " Saya berharap melalui acara ini kita dapat mengambil hikmah agar senantiasa dimudahkan dalam semua urusan dan sebagai sarana tali silaturahmi, " ungkapnya.

Selain itu acara ini pun bertujuan agar umat Muslim lebih beriman, " Acara Isra miraj ini dapat mengingatkan kita agar sebagai umat muslim untuk merenungkan dan mengambil hikmah dari peristiwa Isra Miraj yang merupakan perjalanan spektakuler, tujuannya agar kita mampu meraih martabat lebih tinggi di sisi Allah SWT, " pungkasnya.

Hasil pantauan dilokasi ratusan warga memdati acara peringatan Isra Mi'raj ini demi mempertebal keimanan dan ketakwaan terhadap sang Khalik.

Reporter : Jack