Aqua Dan Muspika Cicurug Bersihkan Sungai Cicatih

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Aqua Dan Muspika Cicurug Bersihkan Sungai Cicatih

REDAKSI
Minggu, 06 Mei 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Sungai merupakan salah satu sumber air yang menopang kehidupan masyarakat tetapi kondisi Sungai sekarang sudah tidak layak untuk digunakan karena sudah tercemar limbah industri maupun rumah tangga.

Dalam rangka bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), muspika Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi bersama perusahaan Aqua melakukan aksi bersih sungai Citatih dari jembatan Bangbayang sampai ke Muara Cibeber.

Menurut Camat Cicurug, Agung Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menggugah rasa gotong royong yang sudah memudar dilindas era zaman yang modern kegiatan ini hasil sinergitas antara muspika Kecamatan Cicurug, Koramil, Polsek, Aqua, Pemdes Bangbayang, PKK, Pol PP, aktivis pencinta lingkungan, diantaranya pencinta alam SMA 1 Negeri Cicurug dan Forum Pemuda peduli lingkungan.

" Semoga masyarakat dapat tergugah untuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai dan dapat menjaga sungai itu dengan baik, " ujar Agung.


Sementara itu Andi Suhandi kepala CSR PT Aqua Golden Mississippi menyampaikan bahwa selain mencegah terjadinya pendangkalan dan penyumbatan akibat sampah menumpuk hingga memicu banjir, " Pembersihan sungai juga dilakukan sebagai upaya untuk membersihkan air sungai yang tercemar sampah hasil pembuangan orang-orang tak bertanggung jawab, " bebernya.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, kondisi sungai dan bantaran sungai mulai kawasan jembatan Bangbayang sampai Muara Cibeber sangat memprihatinkan karena ditemukan banyak sampah.

" Yang lebih miris lagi sampah itu didominasi sampah rumah tangga. Artinya, masyarakat, terutama yang bermukim di bantaran sungai masih menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, " ungkap Andi.

Namun hasil itu tidak dapat terwujud jika masyarakat tidak mendukungnya. " Untuk itulah kita akan terus mengajak dan mengedukasi masyarakat agar menjaga kebersihan sungai, " terangnya.

Di samping itu Andi juga mengajak komunitas pecinta sungai maupun lingkungan serta para warga masyarakat untuk mendukung edukasi yang dilakukan. " Insya Allah dengan dukungan semua pihak, upaya kita untuk mewujudkan sungai bersih sampah akan terwujud, " pungkasnya.

Reporter : Anry