Gebyar ZIS Desa Nanggerang Santuni 199 Jompo dan Launching ATM Beras

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Gebyar ZIS Desa Nanggerang Santuni 199 Jompo dan Launching ATM Beras

REDAKSI
Sabtu, 05 Mei 2018



SUKABUMI - cekupdate.com 
Gebyar Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS) serta menyambut datangnya bulan ramadhan Pemerintah Desa Nanggerang selaku pelopor ZIS di Kabupaten Sukabumi, menggelar santunan 199 Janda Jompo serta sekaligus launching ATM Beras Bagi masyarakat miskin.

"Kegiatan hari ini gebyar ZIS yang biasa kami gelar setiap tahun untuk menyambut datangnya bulan ramadhan," ungkap Kepala Desa Nanggerang Ade Daryadi yang juga merupakan Ketua ZIS Kabupaten Sukabumi kepada cekupdate.com di sela acara. Sabtu (05/05).

Selanjut kata Ade, gebyar ZIS hari ini merupakan tahun ke Lima yang sengaja digelar di lingkungan pesantren Global Insan Mandiri (GIM). "Demi mengenang jasa inisiator ZIS yaitu KH. Raden Abuya Basit Pimpinan Ponpes Al-amin dan GIM, selaku orang pertama yang menjalankan ZIS yang ada di Desa Nanggerang hingga bisa berkembang seperti saat ini," tuturnya.

Lebih lanjut kata Kades, hari ini pihaknya selain memberi santunan uang dan sembako kepada 199 Janda Jompo juga sekaligus launching ATM beras bagi masyarakat kurang mampu. Dan itu merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

"Kendati bantuan Kartu ATM beras itu hanya untuk 50 Kepala keluarga (KK). Namun kami juga berusaha mengkolaborasikan program tersebut dengan ZIS agar mampu memberikan 200 hingga 300 KK dan Insya Allah kami pasti bisa," kata Kades.

Kemudian kades menambahkan, nantinya warga tinggal membawa Kartu ATM tersebut dan menempelkannya ke mesin ATM Beras yang sudah disediakan, maka beras yang dibutuhkan warga akan keluar dari mesin secara otomatis. "Namun tentunya kartu itu sudah di atur sesuai kebutuhan dan tanggungan keluarga dan tidak bisa mengambil lebih, kalau jatah seminggu hanya 3 liter misalnya maka otomatis kartu itu baru bisa kita gunakan minggu depan," jelasnya.

"Dengan demikian saya berharap program ATM Beras ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta bisa di kelola secara optimal. Dan alhamdulilah hingga hari ini kami sudah memiliki stok beras sebanyak 830 Liter kurang untuk mengisi ATM beras, mudah - mudahan ke depan mesin ATMnya dapat bertambah," pungkasnya.

Reporter : Fa'is