Gundukan Sampah Hiasi Jalan Raya Cianjur Sukabumi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Gundukan Sampah Hiasi Jalan Raya Cianjur Sukabumi

REDAKSI
Rabu, 23 Mei 2018



CIANJUR - cekupdate.com
Pemandangan tak sedap mewarnai Jalan Raya Cianjur Sukabumi. Berbagai jenis sampah pasar dan rumah tangga menghiasi kanan kiri jalan di Jalan raya kampung Cijoho Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Persoalan sampah sepertinya tak pernah terselesaikan secara baik. Pemandangan sampah yang berserakan, seakan menjadi hal yang lazim. Tidak hanya lambannya pemerintah menangani persoalan sampah, terlebih masyarakatnya yang kurang sadar akan kebersihan.

Akibat pembuangan sampah sembarangan hingga di biarkan menumpuk dan menutup ruas badan jalan.

Nanang (30) warga setempat mengatakan, dirinya sering melihat warga yang menggunakan sepeda motor membuang sampahnya di tepi jalan raya itu.

" Hampir tiap hari saya lihat warga buang sampah di sini. Kita sudah pernah melarang warga agar jangan buang sampah di jalan. Karena baunya sampai ke dalam rumah dan dapat mengganggu pengendara, " tuturnya Rabu (23/5/2018)

Nanang menjelaskan, persoalan menumpuk nya sampah ini memang sudah lama terjadi.  Itu akibat warga yang kurang sadar dalam kebersihan.

" Pastinya itu yang membuang sampah bukan warga di desa ini, karena di desa kami ini di masing-masing Rt sudah disiapkan bak sampah, untuk membuang sampah, " katanya

Sementara itu menurut Camat Warungkondang,  Candra Dwi Kusumah, mengatakan bahwa pihaknya dalam hal ini pemerintah Kecamatan Warungkondang telah berupaya menanggulangi permasalahan sampah dengan melibatkan organisasi sosial karang taruna.

" Karangtaruna dari berbagai desa di kecamatan Warungkondang, sering melakukan kerja bakti membersihkan sampah. Disamping itu perlu juga ada kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, " katanya.

Candra menjelaskan saat ini pihaknya sedang mencari tahu siapa sebenarnya yang sering membuang sampah ke penggir jalan tersebut.

" Yang pasti itu bukan warga sekitar, karena saya lihat selian dari sampah rumah tangga, ada juga sampah pasar yang dibuang kesana, " pungkasnya.

Reporter : Dedy
Editor : Jack