Melalui Bimbingan Teknis Panwaslu Pertajam Penanganan Pelanggaran

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Melalui Bimbingan Teknis Panwaslu Pertajam Penanganan Pelanggaran

REDAKSI
Selasa, 01 Mei 2018



CIANJUR - cekupdate.com
Panwascam se-Kabupaten Cianjur mendapat bimbingan teknis untuk lebih mempertajam fungsi pengawasan dalam hal penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa di ballroom Hotel Yasmin Desa Palasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.Jawa Barat.

Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Jabar, Eliazar Barus berharap Panwascam bisa memahami penindakan pelanggaran dan sengketa dengan cepat dengan mengutamakan musyawarah mufakat terlebih dahulu untuk penyelesaian sengketa.

"Disini Panwascam harus lebih memahami lagi ada beberapa hal pendelegasian kewenangan dari Panwaskab dengan tetap mengedepankan konsultasi dengan Panwaskab," ujarnya kepada para awak media. Selasa (1/5/2018).

Eliazar mengatakan untuk contoh penyelesaian sengketa misalnya ada jadwal kampanye dari dua pasangan calon di tempat yang berdekatan. Maka panwascam harus berinisiatif mempertemukan dua tim kampanye untuk membahas waktu agar tidak terjadi bentrok dan bisa berlaku adil sehingga pembagian waktu diterima oleh kedua pihak.

"Pergeseran waktu juga harus seizin dan konsultasi dengan Panwaskab," katanya.

Eliazar menambahkan untuk penanganan pelanggaran, Panwascam harus mengumpulkan bukti awal kalau ada masyarakat yang melaporkan bukti awalnya diperkuat dan panwascam merespons dengan cepat.

"Dari hasil rangkuman sementara  ada beberapa kecamatan yang sudah melakukan pelaporan ke Panwaskab yakni Kecamatan Cibinong, Cijati, Pacet, dan Cianjur," paparnya

Lanjut Eliazar selain melakukan bimbingan teknis kepada panwascam, Panwaskab juga melakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bersama kaum perempuan yang dilakukan di Grand By Diel.

Sementara Ketua Panwaskab Cianjur, Hadi Dzikri Nur menjelaskan, kaum perempuan selama ini hanya ditarget dan dijadikan objek dalam setiap pesta demokrasi. "Kali ini kami ingin mengedukasi pendidikan politik bagi kaum perempuan. Kami sadar jumlah kaum perempuan banyak sehingga kami ingin mereka punya paradigma baru tidak menilai calon hanya dari penampilan tapi visi misinya," tukasnya

Hadi mengatakan saat ini Panwaslu Cianjur menilai banyak organisasi perempuan dan beberapa diantaranya mampu menjadi influence kepada kaum perempuan lainnya untuk bijak dalam berpolitik.

"Kami juga ingin dengan acara ini tingkat partisipasi pemilih dari kaum perempuan meningkat," tutupnya.

Reporter : Dedy