Tak Mampu Bayar Tunggakan Sekolah, Siswa Jaminkan Surat Rumah Saat Ambil Ijazah

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Tak Mampu Bayar Tunggakan Sekolah, Siswa Jaminkan Surat Rumah Saat Ambil Ijazah

REDAKSI
Rabu, 02 Mei 2018



CIANJUR - cekupdate.com
M Adhytia Refie (19) siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Satu Cipanas harus rela menjaminkan surat rumahnya lantaran tidak mampu mengambil Ijazah karena harus membayar tunggakan biaya sekolah sebesar Rp 4 juta. Padahal,Adhytia merupakan keluarga tidak mampu.

Rohayati (57) orang tua M Adhytia Refie menuturkan, pada hari jum'at tanggal 27 April 2018 dirinya terpaksa menjaminkan surat rumahnya yang beralamat di Kampung Cipendawa Rt 04/08 Desa Cipandawa Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur ke pihak sekolah untuk mendapatkan Ijazah anaknya yang tertahan satu tahun lalu.

"Sehari sebelumnya saya sudah cari pinjaman uang kesana kesini untuk menebus ijazah anak saya tapi tidak hasil akhirnya saya jaminkan surat rumah ke sekolah buat kepercayaan," tuturnya di kediamannya kepada cekupdate.com, Rabu (02/05/2018).

Rohayati menuturkan, diserahkannya jaminan berupa surat rumah tersebut kepada pihak sekolah lantaran anaknya terdesak syarat kebutuhan adminitrasi yang mengharuskan calon pelamar kerja oleh Perusahaan agar melampirkan Ijazah asli.

" Anak saya di terima di Perusahaan LRT (jasa transportasi) Jakarta tapi syaratnya harus melampirkan Ijazah asli di surat lamaran, " paparnya.


Rohayati pun menceritakan, ketidak mampuan dirinya membayar tanggungan sekolah berupa iuran uang dana bulanan (UDB), Uang Dana Tahunan (UDT), Iuran Osis, Iuran Uji Kompetensi (Ujikom) Siswa, serta iuran perpisahan sekolah. Padahal pada saat itu suaminya Junaedi (62) mengalami sakit keras berupa sakit jantung semenjak tahun 2017 yang lalu.

" Nunggaknya saat anak saya duduk di bangku kelas XI AKP 1 jadi waktu itu jangankan untuk bayar sekolah buat makan saja kadang susah," keluh Ibu enam anak ini.

Sementara itu saat tim mendatangi pihak SMK Negeri 1 Cipanas, pihak sekolah belum bisa memberikan keterangan kepada para awak media dengan alasan sedang malaksanakan rapat.

Reporter : Dedy
Editor : Jack