Upah Belum Dibayar, Ratusan Karyawan PT Sentosa Kembali Gelar Aksi Demo

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Upah Belum Dibayar, Ratusan Karyawan PT Sentosa Kembali Gelar Aksi Demo

REDAKSI
Senin, 21 Mei 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Ratusan karyawan PT Sentosa Utama Garmindo yang berlokasi di Jalan Alternatif Cicurug, Kampung Caringin Karet Rt 04/03, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, kembali menggelar aksi unjuk rasa. Kali ini ratusan buruh tersebut menuntut upah kerja yang belum di bayar oleh pihak perusahaan selama Satu bulan kerja.

"Aksi kami hari ini yaitu menuntut upah kerja selama Satu bulan yang belum dibayar," ungkap salah satu karyawan kepada cekupdate.com di lokasi. Senin (21/05/2018).

Menurutnya, meskipun masih banyak tuntutan karyawan tersebut yang belum di penuhi oleh pihak karyawan, namun saat ini pihak hanya meminta upah karyawan yang di dahulukan. "Sebetulnya banyak pak tuntutan yang belum dapat dipenuhi perusahaan ini mulai dari tidak adanya BPJS, Lembur tidak di bayar, bahkan upah kami saja yang biasa diterima setiap tanggal 15 kemarin, hingga saat ini belum juga dibayar," ketusnya.

Ia menjelaskan, perusahaan hanya memberikan janji yang tidak jelas. "Sudah 3 kali janji pak dari minggu kemarin kenyataannya gaji kami belum dibayar juga sampai sekarang. Padahal kami sangat membutuhkan," tegasnya dengan nada kesal.

Sementara itu Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sukabumi Ahmad Muladi menuturkan bahwa, saat ini pihaknya sedang melakukan musyawarah dengan pihak perusahaan terkait tunggakan upah yang belum dibayar.

"Perusahaan berjanji akan membayar gaji karyawan hari kamis ini, dan tentunya itu akan kami tuangkan dalam pernyataan bersama," tuturnya.

Oleh karena itu kata Muladi, selama pihaknya mendapat informasi terkait pelanggaran perusahaan, baik mengenai upah, lembur yang tidak dibayar dan yang lainnya. "Tentunya kami akan menegur pihak perusahaan agar mereka bisa mempekerjakan karyawan sesuai aturan," terangnya.

Kemudian kata dia, ketika perusahaan masih ngeyel, artinya mengabaikan teguran tersebut tentu Disnaker akan bertindak tegas. "Pasti kami akan menindaknya sesuai aturan, namun dalam hal ini kami tetap menempuh jalan musyawarah terlebih dahulu selama perusahaan ada niat baik," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada yang bisa memberikan keterangan terkait aksi ratusan karyawan tersebut.

Reporter : Fa'is