Gaji Tak Kunjung Dibayarkan Puluhan Karyawan Hotel Surya Indah Berunjuk Rasa

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Gaji Tak Kunjung Dibayarkan Puluhan Karyawan Hotel Surya Indah Berunjuk Rasa

REDAKSI
Senin, 04 Juni 2018



CIANJUR - cekupdate.com
Puluhan karyawan Hotel Surya Indah berunjuk rasa di depan halaman parkir Hotel Surya Indah yang berada di Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa-Barat.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk berbagi macam tulisan tuntutan mereka agar secepatnya di keluarkan gaji mereka selama tiga bulan terakhir. Mereka menuntut manajemen Hotel Surya Indah menyelesaikan pembayaran gaji mulai dari bulan Maret, April dan Mei 2018.

Menurut salah satu karyawan bagian terknisi karyawan hotel Surya Indah, Unang (53) menjelaskan, pihaknya bersama 47 karyawan hotel surya indah lainnya meminta manajemen agar membayar gaji secara penuh beserta tunjangan hari raya (THR).

" Ada 50 karyawan dari berbagai bagian,seperti dari office boy,clening service,security,koki dan lainnya hari ini meminta pihak manajemen hotel surya indah untuk segera melunasi pembayaran gaji selama tiga bulan," tuturnya kepada cekupdate.com baru baru ini, Senin (4/5/2018).

Unang mengatakan, tidak hanya menuntut uang gaji dan tunjangan hari raya (THR) saja yang harus di keluarkan pihak manajemen seperti uang insentif, uang servis dan uang makan yang belum di bayarkan selama tujuh bulan lalu harus di bayarkan juga.

"Kami minta jangan sampai di tunda-tunda lagi secepatnya untuk di bayarkan ,kewajiban kami sebagai karyawan sudah di tunaikan maka hak kami juga harus di berikan dong ," paparnya.

Unang menjelaskan,gaji yang di terima setiap bulan dari manajemen hotel surya indah sebesar Rp 1.989.115.Padahal upah minimum karyawan (UMK) yang sudah di tentukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu sendiri sebesar Rp 2.163.300.

" UMK nya yang masih pakai pihak manajeman masih di tahun 2017 bukan tahun 2018 yang sudah kenaikan kembali," jelasnya.

Sementara General Manager Hotel Surya Indah, M Ibnu Dwinanto, mengatakan bahwa sebelum ada aksi mogok kerja yang dilakukan oleh puluhan karyawan. Pihaknya mengaku jika selama 3 bulan terakhir juga termasuk dirinya belum menerima gaji dari pihak owner Hotel Surya Indah di Jakarta.

" Terus terang saya disini sudah tidak lagi berkomunikasi dengan owner pak, terakhir saya komunikasi melalui whatsapp itu awal bulan Mei, itupun hanya di read saja. Bahkan yang paling parah sekarang saya hubungi tidak dibaca sama sekali sama pemilik, " paparnya.

Ibnu mengatakan, dengan kejadian seperti ini dirinya pun tidak bisa berbuat banyak karena posisinya sama – sama sebagai karyawan meskipun jabatan sebagai GM. " Saya juga sama mengalami hal yang sama seperti karyawan lainnya belum dibayar gaji, " ungkapnya.

Dia mengaku sudah mengambil langkah untuk melaporkan perusahaan ke pihak Dinas Tenaga Kerja dan mengirimkan surat ke pemilik hotel surya indah cabang Cianjur.

" Kalau saya maunya selama proses ini berjalan, kami di sini mencoba tetap bertahan hingga ada keputusan dan kesepakatan yang baik antara kami dengan perusahaan ini, " tukasnya.

Reporter : Dedy
Editor : Jack