Rumah Adat Provinsi Meriahkan Karnaval Hari Jadi Kabupaten Cianjur

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Rumah Adat Provinsi Meriahkan Karnaval Hari Jadi Kabupaten Cianjur

REDAKSI
Sabtu, 18 Agustus 2018



CIANJUR - cekupdate.com
Puluhan ribu warga Cianjur padati festival 70 Ribu Detik Cianjur Jago yang menampilkan beragam seni budaya dan 34 rumah adat yang ada di Indonesia.

Pantauan di lapangan Sejak Sabtu (18/8/2018) pagi terlihat puluhan ribu warga Cianjur berkumpul di sepanjang jalan utama Kabupaten Cianjur.

Mulai dari Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Jalan Prof Moch Yamin terus berlanjut ke Jalan KH Hasyim Ashari, Jalan Suros, Jalan Siti Jenab hingga berakhir di Jalan Siliwangi di mana jalan tersebut berdirinya panggung kehormatan yang diduduki oleh Bupati Cianjur, Irvan Rivano Mocthar.

Salah satu warga Cianjur Elsa (25) mengatakan, acara yang satiap tahun di laksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menurutnya sangat menghibur dia dan keluarganya d saat sedang mengisi hari libur 17 Agustus.

"Walaupun di Jalanan macet banyak warga tumpah ruah di sini belum lagi panas tapi saya dan keluarga sangat terhibur," katanya kepada cekupdate.com.

Sementara itu menurut salah seorang pengunjung lainnya yang berasal dari Kabupaten Bandung Nova Taswaya (25) mengatakan, melihat acara Festival ini sangat kreatif-kreatif karena acaranya menampilkan berbagai dari kesenian dan adat yang ada di Indonesia.

"Tidak rugi saya jauh-jauh dari Bandung acaranya  cukup kreatif dan menghibur saya dan anak saya," paparnya.

Terpisah Bupati Cianjur Irvan Rivano Mucthar mengatakan, 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival dengan tema semarak Budaya Bhineka Tunggal Ika 2018 menurutnya bagian dari hari jadi Kabupaten Cianjur yang ke - 341.

" Di samping untuk hiburan masyarakat Cianjur kegiatan ini ujuannya untuk mengenang dan melestarikan sejarah  Kabupaten Cianjur sebagai kota santri," tuturnya.

Bupati berharap,dengan menampilkan helaran budaya tradisi Kabupaten Cianjur dengan karnaval mobil hias 34 rumah adat dan representasi tujuh pilar budaya Cianjur dapat menarik wisatan lokal maupun mancanegara.

" Segala potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Cianjur dengan adanya kegiatan karnaval ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam mempromosikan Kabupaten Cianjur sebagai daerah wisata yang ada di Jawa-Barat," tukasnya.

Reporter : Dedy
Editor : Jack