Warga Menilai Panwascam Cidahu Tutup Mata Sikapi Pelanggaran Kampanye

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Warga Menilai Panwascam Cidahu Tutup Mata Sikapi Pelanggaran Kampanye

REDAKSI
Selasa, 28 Agustus 2018



SUKABUMI - cekupdate.com
Warga menilai Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Cidahu (Panwascam) tutup mata dalam menyikapi pelanggaran kampanye. Pasalnya sejumlah baliho kandidat salah satu Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil 2 dari salah satu partai yang akan bertanding pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang masih bertebaran di beberapa titik di wilayah Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Seharusnya Panwascam menindak tegas pelanggaran kampanye yang diduga dilakukan Tim Sukses dengan memasang baliho di pinggir jalan, karena ini belum waktunya," ketus Warga, Asep Ayudi yang sekaligus Tokoh Masyarakat Desa Cidahu kepada cekupdate.com. Selasa (28/08).

Menurutnya, keberadaan baliho tersebut kurang lebih sudah 1 bulan tetapi belum ada tindakan dari Panwas.

"Kalau dibiarkan seperti ini se-olah olah Panwascam tutup mata, karena mereka yang lebih berwenang untuk berkordinasi dengan Satpol PP menurunkan baliho tersebut, dan ironisnya baliho ini terpasang di beberapa lokasi di Cidahu, padahal waktu kampanye masih jauh," tuturnya dengan nada kesal.

Namun Hingga diturunkan berita ini Ketua Panwascam Cidahu, Ade Kamaludin belum dapat memberikan keterangan terkait baliho tersebut. Pasalnya saat di komfirmasi ia sedang tidak ada di kantor.

"Ketua Panwasnya lagi keluar pak paling nanti sore pulangnya," ungkap Dadin salah satu Staf Pembantu Panwas.

Namun ia menambahkan bahwa, hasil rapat keputusan di KPU nomor urut bakal calon itu belum keluar.

"Sepengetahuan saya memang belum ada keputusan dari KPU terkait nomor urut bakal calon, namun dengan adanya aduan seperti ini kami akan langsung sampaikan ke ketua agar secepatnya berkordinasi dengan Kasi Trantib untuk melakukan tindakan. Karena sebetulnya Panwas hanya menerima aduan. kewenangan untuk menindak dan menurunkan baliho tersebut itu merupakan tugas Kasi trantib," jelasnya.

Sementara ditempat terpisah Camat Cidahu Ading Ismail mengatakan bahwa, seharusnya Panwas lebih proaktif dalam menyikapi pelanggaran kampanye. Karena menurutnya ini kewenangan Panwascam.

"Kalau Panwasnya diam saja saya akan secepatnya memerintah SatPol PP untuk segera menertibkan baliho tersebut," pungkasnya.

Reporter : Fa'is