Pemdes Lebak Sari, Tampung Aspirasi Masyarakat Melalui MusrembangDes Tahun 2019

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Pemdes Lebak Sari, Tampung Aspirasi Masyarakat Melalui MusrembangDes Tahun 2019

REDAKSI
Rabu, 24 Oktober 2018



SUKABUMI - Cek Update
Dalam rangka menampung aspirasi masyarakat Pemerintah Desa (Pemdes) Lebak Sari Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi menggelar musyawarah perencanaan dan penetapan pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2019 di Aula Pemdes Lebak Sari, Rabu (25/10/2018).

Musrenbangdes tersebut dihadiri unsur Muspika Parakansalak, BPD, LPMD, Pendamping Desa, Para Kadus, Ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat Desa Lebak Sari.

Kepala Desa Lebak Sari Udin Saprudin menyampaikan, pada tahun 2019 serapan anggaran sebesar 70 persen digunakan untuk pembangunan wilayah dan 30 persen untuk perencanaan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan. Sementara besaran APBDes tahun 2019 masih tahap perhitungan.

" Kalau jumlahnya masih mengacu kepada 2018 yakni sebesar Rp 1,1 milyar, namun untuk 2019 besar kemungkinan ada kenaikan anggaran, " ujarnya kepada Cek Update di sela MusrenbangDes.

Udin Saprudin pun menambahkan, musyawarah  ini adalah kewajiban Kepala Desa untuk menampung aspirasi dari masyarakat. Acuannya ada pada Permendagri Nomor 20 tahun 2018  tentang pengelolaan keuangan desa  yang merupakan pengejawantahan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang mana kewajiban desa untuk Musrenbangdes tahun berikutnya.

"Dengan demikian pelaksanaan administrasi dan hasil musrenbang di lapangan sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Semoga hasil usulan aspirasi warga untuk perencanaan pembangunan 2019 mendatang berjalan lancar," singkatnya.

Reporter : Jack