Tingkatan Pengawasan Pemilu Bawaslu Cianjur Gaet Pramuka

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Tingkatan Pengawasan Pemilu Bawaslu Cianjur Gaet Pramuka

REDAKSI
Kamis, 18 Oktober 2018



CIANJUR - Cek Update
Dalam rangka mencegah terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu, Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Cianjur menggaet Pramuka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut dilakukan melalui pembentukan rintisan Saka Adhyasta.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari mengatakan bahwa, undang-undang juga mengamanatkan tugas Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

"Satu bentuk sosialisasi saat ini Bawaslu menggaet Pramuka. Hal ini memang sudah dilakukan dari tingkat Bawaslu RI, provinsi dan sekarang di tingkat Kabupaten pun sama," tuturnya Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, kerjasama pengawasan partisipatif dengan Pramuka ini mulai dilakukan dari tingkat pusatnya, dengan begitu, Bawaslu Kabupaten pun melakukan hal yang sama yakni bekerjasama dengan Pramuka dalam wujud Saka Adhyasta.

"Ini adalah sebuah ruang ekpresi bagi masyarakat, dalam segala bentuk pengawasan pemilu," paparnya.

Lanjut Usep sosialisasi pengawasan ini turut di hadiri oleh Sekjen Bawaslu Provinsi, Kwartir Pramuka, dan Panwas Kecamatan se- Kabupaten Cianjur.

"Sengaja kami undang Panwascam, karena secara tidak langsung kami menginginkan ada sinergitas antara Pramuka dan Panwascam, dengan begitu Pramuka ini adalah bagian penting untuk ikut mengawasi pemilu," imbuhnya.

Dengan demikian ia berharap, ke depannya anggota Saka bisa memahami proses pencegahan pelanggaran dalam tahapan pemilu, dengan begitu, apabila terjadi pelanggaran pemilu Pramuka bisa langsung melaporkan temuan tersebut ke petugas pengawas pemilu yakni panwas.

"Kami berharap Saka yang ada bisa bersinergi dengan Panwas, apabila ada temuan pelanggaran yang ditemukan oleh pramuka bisa langsung dilaporkan ke Panwas," harapnya.

Reporter  : Dedy