Bawaslu Cianjur Tetapkan AA Caleg DPRD Partai Nasdem Langgar Aturan Kampanye

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Bawaslu Cianjur Tetapkan AA Caleg DPRD Partai Nasdem Langgar Aturan Kampanye

REDAKSI
Kamis, 29 November 2018



CIANJUR - Cek Update
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menemukan dugaan praktek politik transaksional yang diduga dilakulan Calon Anggota DPRD dari Partai Nasdem wilayah Dapil 2.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur Usep Agus Zawari mengatakan, Berdasarkan hasil laporan yang di terima dari wilayah pengawasannya AA diduga kedapatan membagikan sembako di wilayah Desa Nyalindung Kecamatan Cugenang beberapa waktu lalu.

"Begitu ada laporan dugaan tindak pidana pemilu tim sentra Gakkumdu yang terdiri dari pengawas pemilu, penyidik dan kejaksaan langsung melakukan klarifikasi terhadap AA," tuturnya kepada para awak media Rabu (28/11/2018).

Usep menjelaskan, setelah pihaknya melakukan klarifikasi dan pembahasan hingga tahap dua, selama 14 hari kerja pasca pelaporan adanya pelanggaran akhirnya tim sentra Gakkumdu sepakat bahwa AA diduga telah melanggar tindak pidana pemilu.

"Kita limpahkan ke penyidik kepolisian untuk ditingkatkan statusnya dengan bukti surat lapor nomor STBL/B/615/XI/2018/JBR/RES CJR ," paparnya.

Menurutnya, AA dianggap telah melakukan pelanggaran pidana pemilu sebagaimana tercantum dalam pasal 523 ayat 1 juncto Pasal 28p Ayat (1) hurup (j) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Jadi jelas aturannya di pasal diatas setiap pelaksana, peserta atau tim kampanye yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye secara langsung atau tidak. Dipidana dengan penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24.000.000 juta," tukasnya.

Reporter : Dedy