Musrembang Jabar, Pemkab Sukabumi Rencananya Akan Lakukan Kolaborasi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Musrembang Jabar, Pemkab Sukabumi Rencananya Akan Lakukan Kolaborasi

REDAKSI
Selasa, 13 November 2018



SUKABUMI - Cek Update
Dalam rangka menhadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa barat Tahun 2018-2023 yang digelar di Trans Convention Centre The Trans Luxury Hotel - Bandung yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.289 Bandung, Pemerintah Kabupaten Sukabumi (Pemkab Sukabumi) yang  diwakili Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono Rencananya akan lakukan berkolaborasi dengan perangkat daerah dalam menyambut program RPJMD Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut di ungkapkan Wakil Bupati bahwa, Sukabumi merupakan salah satu wilayah yang sering di sebut Gubernur yang akan dijadikan icon wisata Jawa Barat.

"Mudah-mudahan ketika pariwisata di sukabumi ini sudah menjadi ikon Jabar, kondisi infrastruktur Jalannya akan semakin baik, dengan dukungan Pemprov Jabar tentunya," ungkapnya Selasa (13/11).

Selanjutnya kata Wabup, dirinya menilai jika infrastrukturnya baik maka  konektivitas akses menuju pariwisata itu akan menjadi lebih baik, dan tentunya kata dia, sudah pasti itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Oleh sebab itu kini saatnya kita berkolaborasi serta minta dukungan kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat, salah satunya untuk pengembangan wisata Geopark Ciletuh pelabuhanratu serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Cikidang," tuturnya.

Menurutnya, kawasan pariwisata di sukabumi sendiri tentunya tidak hanya di kawasan Geopark saja, tentunya masih banyak destinasi wisata lain yang ada di Sukabumi khususnya. Namun kata Wabup, tantangan yang harus dihadapi saat ini masih cukup berat, karena setiap destinasi wisata pihaknya masih harus menunjuk badan pengelola, untuk meningkatkan fasilitas akomodasi, serta meningkatkan sumber daya manusianya.

"Oleh karena itu untuk pengembangan geopark ini harus segera menetapkan blok plan dari tiap-tiap geosite destinasi, sehingga pembangunannya dapat terkendali," jelasnya.

Sementara, Gubernur Jawabarat M.Ridwan Kamil menerangkan bahwa, RPJMD merupakan  dokumen perencanaan selama 5 tahun ke depan. "Selama 5 tahun kedepan Jawa Barat akan dibawa oleh sebuah semangat yang diberi kalimat Jabar Juara lahir dan batin. Juara itu artinya di semua aspek kita harus terdepan terbaik tercepat tertinggi, kemudian lahir batin Artinya kehidupan ini tidak hanya yang terlihat oleh fisik tetapi juga yang terasa oleh batin, maka religiusitas, spiritualitasnya Juga harus juara," terangnya.

Pria yang kerap di sapa Kang  Emil tersebut menambahkan bahwa, Jawa Barat akan di jadikan percontohan sebuah wilayah yang baldatun thoyyibatun wa robbun Ghofur. "Kita akan jadikan jawabarat menjadi Propinsi terbaik dalam dunia digital, dengan Revolusi digital kita ingin mengedepankan infrastruktur terbaik di republik ini," tambahnya.

Dengan demikian Kang Emil memprogramkan satu desa satu perusahaan, bahkan tidak hanya itu saja, rencananya pihaknya akan terus menggenjot sektor pariwisata dengan infrastrutur yang baik sehingga melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Reporter : Diky
Sumber : Humas Setda SMI