PKL Cipanas Puncak Berharap Bisa Cari Nafkah di Lahan Pemprov Jawa Barat

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

PKL Cipanas Puncak Berharap Bisa Cari Nafkah di Lahan Pemprov Jawa Barat

REDAKSI
Senin, 26 November 2018



CIANJUR - Cek Update
Puluhan mantan pedagang sayur mayur di Jalan Raya Cipanas Puncak berharap dapat mengunakan lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk kembali mencari nafkah.

Pasalnya hingga saat ini, para pedagang yang kiosnya dibongkar Satpol PP beberapa waktu lalu, terpaksa kini mereka  menganggur karena tidak memiliki lahan untuk berjualan. Meskipun para pedagang tersebut sudah mengajukan pemakaian lahan milik Pemprov Jabar, namun sayangnya hingga saat belum mendapat jawaban.

"Melalui Pemerintah Desa dan Kecamatan kami sudah mengajukan peminjaman lahan pemerintah propinsi yang terletak di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, tepatnya di Jalan Raya Pasekon," tutur Dedi Fals salah satu pedagang kepada Awak Media. Senin (26/11/2018).

Selanjutnya kata dia, hingga saat ini mereka belum mendapat izin dari Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) terkait pemakaian lahan tersebut. "Jadi harapan besar kami bisa mencari nafkah dengan berjualan oleh-oleh khas Cipanas belum terwujud," terangnya.

Menurutnya, solusi yang diberikan Pemkab Cianjur dengan cara merelokasikan pedagang ke Pasar Cipanas Indah, tidak menjanjikan apapun. "Karena di lokasi tersebut sangat minim pembeli yang datang," paparnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk menghidupi keluarga saat ini sebagian besar dari mereka terpaksa menjadi buruh serabutan atau hanya menganggur dengan harapan mendapat tempat untuk berjualan. "Besar harapan kami lahan milik pemprov yang sudah lama kosong ini dapat dipakai untuk berjualan," harapnya.

Sementara Usman salah satu pedagang mengungkapkan bahwa, meskipun beberapa orang pedagang ada yang beruntung karena dapat membuka kembali kios sayuranya dengan cara menumpang di area parkir rumah makan, namun kata dia, mereka tetap was-was takut digusur kembali.

"Sebetulnya Pemilik Rumah Makan juga mengizinkan untuk mendirikan kios di area parkirnya, namun kami tetap berharap pemerintah memberikan izin kepada pedagang untuk berjualan di lahan milik provinsi. Dan Kami percaya Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) akan mendengarkan keluhan pedagang," tukasnya.

Reporter : Dedy
Editor      : Fa'is