Saung Kopi Puri Batulawang Suguhkan Penikmat Kopi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Saung Kopi Puri Batulawang Suguhkan Penikmat Kopi

REDAKSI
Senin, 26 November 2018


CIANJUR - Cek Update
Saung Kopi Puri Batulawang kini hadir di tengah perkebunan.Berbagai jenis seduhan kopi disajikan di saung kopi yang berlokasi di  Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Pemilik Saung Puri Kopi Batulawang,  Rudi Kusmanto mengatakan,pihaknya sengaja membuka kafe atau saung kopi ini , bermula karena melihat potensi hasil kopi di Desa Batulawang ini yang menurutnya sangat baik dari segi kualitasnya,bahkan yang terbaik di Indonesia.

"Iya, saya melihat hasil kopi disini sangat baik dan melimpah. Bahkan ini bisa menjadi salah satu hasil alam di Batulawang yang menjadi nilai ekonomis yang tinggi," tuturnya kepada Cek Update kemarin. Minggu (25/11/2018).

Rudi mejelaskan,saung kopi miliknya ini dia bangun dengan konsep khas ala Sunda banget. Pasalnya, selain cara menyajikan seduhan tempat kopi dengan cangkir bambu, tempatnya pun sengaja dibuat semua dari bahan meterial bambu.

"Memang sengaja kami rancang dengan khas daerah,karena tempatnya juga di daerah yang cukup jauh dari kota. Tetapi tetap strategis, nyaman, adem, dan nuansa alam yang kental," paparnya.

Semantara itu,Abdul Karim Al Mutohar pengelola saung kopi puri batulawang menjelaskan, untuk jenis kopi sendiri yang ia suguhkan ialah kopi jenis arabica. Karena menurutnya kopi ini ditanam dan tumbuh dibawah kanopi hutan tropis yang rimbun. Sehingga kopi jenis ini banyak tumbuh di ketinggian di atas 500 meter dpl.

"Iya, karena ini kopi asli daerah kami, daerah yang cukup subur dan memiliki dataran tinggi. Makanya jenis kopi inilah yang menjadi potensi baik, apalagi kalau disajikan dengan beberapa makanan khas Sunda pula. Karena disini, kami menyajikan itu semua untuk para pengunjung ke Saung Puri Kopi Batulawang," pungkasnya.

Reporter : Dedy