Tebing Setinggi 20 Meter Ambruk Jalur Cidaun Naringgul Terputus

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Tebing Setinggi 20 Meter Ambruk Jalur Cidaun Naringgul Terputus

REDAKSI
Minggu, 11 November 2018




CIANJUR - Cek Update
Akibat hujan deras tebing Cicatang yang berada di Jalur utama Cidaun Naringgul Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, longsor dan menutupi badan jalan, akibatnya kendaraan tidak bisa melintas dari kedua arah disebabkan material longsor menutupi badan jalan hingga setinggi  lima meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 Wib Sabtu malam. Sebelumnya wilayah Naringgul diguyur hujan deras selama beberapa jam, hingga akhirnya tebing setinggi 20 meter yang berada di Kampung Cigarogol Desa Naringgul Kecamatan Naringgul itu ambruk.

"Untung saja pada saat kejadian saya berada sekitar belasan meter dari titik longsor. Kalau sampai tertimpa longsor bisa-bisa saya bersama teman tertimbun," ujar Hasan (47) salah seorang sopir truk yang melintas di lokasi, kepada awak media. Sabtu (11/11).

Hasan yang sehari-harinya berprofesi sebagai sopir pengangkut hasil bumi dari Naringgul itu pun mengaku, lebih memilih  menunggu material longsoran dibersihkan oleh Instansi terkait. Pasalnya menurut dia, jika ia harus memutar arah untuk mencapai lokasi tujuan, bisa memakan waktu berjam-jam dengan biaya ongkos bensin yang lebih besar.

"Ya harus bagaimana lagi sebab tidak ada jalan lain kecuali memutar ke arah Cianjur kota untuk bisa sampai ke Bandung, jadi lebih baik menunggu hingga besok siang mudah - mudahan jalan ini sudah bisa dibuka kembali," Imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Naringgul melalui Anggotanya Aiptu Heri Sobari membenarkan kejadian longsor yang menutup akses jalan tersebut.

Heri mengaku saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Binamarga Kabupaten Cianjur agar material longsor segera dibersihkan.

"Alat berat baru tiba Minggu pagi, kemungkinan baru sore harinya bisa kembali dilalui kendaraan. Oleh sebab itu kami menghimbau bagi pengendara dari arah Naringgul Bandung ataupun sebaliknya agar tidak melalui jalur tersebut, atau bisa memilih jalur alternatif lain"terangnya.

Terpisah, Kepala Tim Kementrian PUPR PJN wilayah V Jawa Barat, Hery S,menuturkan, pihaknya sudah mengintruksikan tim untuk menurunkan alat berat guna membersihkan material longsor.

"setelah kami mendapat informasi dari pihak kepolisian, Kami turunkan dua alat berat ke lokasi longsor. Perkiraan Minggu sore sudah bisa dilalui kendaraan," paparnya melalui sambungan telepon.

meskipun lanjut Hery, kondisi di lokasi kejadian belum normal seperti hari - hari biasa. "Namun kami akan berusaha. Membersihkan material longsor secepatnya," janjinya

Reporter : Dedy
Editor      : Fa'is