Bawaslu Cianjur Minta Para Pemilih Pemula Berperan Aktif Mengawasi Pemilu 2019

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Bawaslu Cianjur Minta Para Pemilih Pemula Berperan Aktif Mengawasi Pemilu 2019

REDAKSI
Senin, 17 Desember 2018



CIANJUR - Cek Update
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur adakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi pemilih pemula dalam pemilu tahun 2019.

Kegiatan yang diadakan di Balroom hotel Palace Desa Cipanas Kecamatan Cipanas ini,melibatkan sedikitnya ada 100 siswa/siswi di delapan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Kabupaten Cianjur.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Cianjur, Hadi Dzikri Nur mengatakan,tujuan di adakannya sosialisasi pengawasan partisipatif untuk para pemilih pemula tingkat SMA yaitu,untuk memberikan wawasan kepemiluan dan memberikan pendidikan politik kususnya bagi pemilih pemula yang akan mengunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April 2019 akan datang.

" Di samping itu kemudian kita juga menyampaikan beberapa regulasi tahapan kampanye baik itu sipatnya pelanggaran pidana ataupun pelanggaran etik biar kedepannya mereka tidak menjadi pelaku dugaan pelanggaran kampanye," tuturnya kepada Cekupdate saat di temui di sela-sela acara. Senin (17/12/2018).

Hadi mengatakan,tentunya sosialisai tersebut,menjelaskan juga tentang apa bahayanya money politik atau politik uang yang nantinya akan menjadi sebuah gambaran kelak untuk para pemilih pemula nanti.

"Kedepannya setelah di sosialisasikanya seperti ini,kelak mereka akan menjadi pemutus mata rantai di Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur,"  terangnya .

Hadi  pun menghimbau,kepada para pemilih pemula agar tidak ragu untuk memberitahukan kepada Bawaslu Cianjur bila ada informasi tentang kepemiluan.
" Misalnya ada tetangga yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau ada temuan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan salah satu pasangan calon (Paslon)," paparnya.

Sehingga lanjut Hadi,kalau fungsi kontrol ini di jalankan oleh para pemilih pemula,tentunya akan menjadi sebuah pemancar pengawasan pemilu 2019.
" Karena sejatinya inilah tujuan kami dalam pengawasan ini,sehingga tercipta Pemilu 2019 yang jujur dan adil," tukasnya.

Reporter : Dedy