Desa Harus Berperan Aktif Tangani Sampah

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Desa Harus Berperan Aktif Tangani Sampah

REDAKSI
Kamis, 20 Desember 2018



CIANJUR - Cek Update
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) tingkat Kecamatan Cipanas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait rencana penanganan sampah mandiri disetiap Desa yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas.

Dalam rakor tersebut disinggung terkait pelayanan kebersihan di Wilayah Cipanas ini memiliki keterbatasan, baik dari Dinas Lingkungan Hidup, dan K3 Kecamatan Cipanas, maka di sarankan agar setiap desa mempunyai alat angkut sampah atau mobil sampah.

"Hal ini agar masyarakat tidak membuang sampah kesungai atau berserakan di mana mana. Apalagi terdapat di pinggir-pinggir ruas jalan protokol Cipanas, itu akan menjadi hal yang rugi bagi kita semua," tutur Koordinator K3 Kecamatan Cipanas, Dede Ichsan Kamis (20/12/2018).

Menurutnya,selama ini desa-desa khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas untuk penanganan sampah masih mengandalkan angkutan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur

"Tetapi ada beberapa Desa juga yang alhamdulillah sudah mempunyai teknis penanganan sampah walaupun belum maksimal," paparnya.

Lanjut Dede,untuk Pemerintah Desa (Pemdes) sendiri, diharapkan agar berperan aktif, karna tanpa peran serta desa dan masyarakat semua dalam penanganan sampah, kebersihan Cipanas bebas sampah belum tentu akan berhasil.

"Kami berharap cipanas bebas sampah dengan peran aktif seluruh masyarakatnya, budaya bersih yang berbasis masyarakat taat sampah,berawal dari bersih dapat menciptakan masyarakat sehat,beriman dan sejahtera," punkasnya.

Rakor tersebut dihadiri pula Kabid Persampahan dan Pengolahan Limbah Dinas Lingkungan Hidup, para Kepala Desa se Kecamatan Cipanas, Muspika, dan beberapa unsur masyarakat.

Reporter : Dedy