Festival Kearifan Lokal, Kembangkan Potensi Wisata dan Pirus di Kecamatan Bojonggenteng

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Festival Kearifan Lokal, Kembangkan Potensi Wisata dan Pirus di Kecamatan Bojonggenteng

REDAKSI
Minggu, 23 Desember 2018



SUKABUMI - Cek Update
Pemerintah Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi melalui Fokus Kadewi menggelar Festival Kearifan Lokal Kecamatan Bojonggenteng yang diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Pasir Haur Desa Bojonggaling Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, Minggu (23/12/18).

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sukabumi, Muspika Bojong dan tamu undangan lainnya ini selain menyuguhkan Taman 1000 Kolecer acara ini pun menyuguhkan panen 1000 Pirus, Pentas Kreasi Seni, Kaulinan Budak Lembur dan Botram Bersama.

Menurut Ketua Forum Komunikasi Kawasan Desa Wisata (Fokus Kadewi) Awan Kurniawan Konsep Pirus (Pipir Diurus) menjadi potensi ketahanan pangan, dan Taman 1000 Kolecer nantinya akan menjadi salah satu icon wisata di Sukabumi. 

"Insyaallah, nantinya di 'Bukit 1000 Kolecer' ini akan dibangun gajebo, restoran alam Pipir Diurus (Pirus) dan pujasera mart tentunya hal tersebut harus mendapat dorongan serta dukungan dari semua pihak, " ungkapnya

Awan pun menambahkan, untuk kedepannya hal tersebut peran serta masyarakat untuk lebih menggenjot kearifan lokal sangat di perlukan, "Hal tersebut harapannya untuk bisa mengangkat potensi wisata lokal ke tinggakat global," ujarnya.



Hal serupa diungkapkan, Kades Bojonggaling Dodih Wahyudi mengaku, kegiatan tersebut juga dilangsungkan dengan Hari jadi Desa Bojonggaling yang ke 36. "Acara ini pun bersamaan dengan hari jadi Desa kami yang tentunya besar harapan kami Pemdes Bojonggaling wisata Lokal menjadi kebanggaan masyarakat Desa, " ungkapnya.

Dodih pun menambahkan berbagai rangkaian acara. Mulai dari, panen Pirus, kunjungan ke lokasi Bukit 1000 Kolecer, dan hiburan kebudayaan Sunda dan kegiatan botram bersama ini adalah bentuk Pesta Rakyat dan sepatut kita sebagai masyarakat Desa bangga dan saling mendukung satu sama lainnya. 

"Saya juga meminta dukungannya kepada masyarakat dalam mendorong peningtakan program-program tersebut kedepannya dapat lebih di tingkatkan sehingga budaya seperti ini dapat terus terpelihara, " pungkasnya.

Reporter : Jack