Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemkab Sukabumi Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Kendaraan

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemkab Sukabumi Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Kendaraan

REDAKSI
Jumat, 21 Desember 2018



SUKABUMI - Cek Update
Menjelang perayaan Natal tahun 2018 dan tahun baru tahun 2019, setiap tahun ditandai dengan adanya arus mudik atau arus wisata masyarakat. Kondisi ini, membawa konsekuensi banyaknya masyarakat yang menggunakan angkutan umum seperti bus untuk mudik.

Untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan kepada pemudik dan wisatawan, Dishub bersama Satpol-PP, TNI, Polisi, BNN, dan Kejaksaan Negri Cibadak menggelar pemeriksaan atas kondisi kendaraan umun.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana di sela-sela sidak pemeriksaaan kendaraan umum di terminal Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jum'at (21/12/18).

Tendy, lebih lanjut mengungkapkan pemeriksaan kendaraan umum ini untuk kepentingan menyambut Hari Besar Keagamaan rutin dilakukan, baik menyambut Mudik Lebaran maupun Mudik Natal dan Tahun Baru.

"Pemeriksaan ini sekaligus merupakan evaluasi atas kondisi moda angkutan dengan evaluasi yang rutin dan berkala diharapkan moda angkutan seperti Bus dapat menjamin kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang, " ungkapnya.

Adapun hal yang diperiksa meliputi kelayakan operasi dan kelayakan jalan. Untuk kelayakan operasi, Bus diperiksa soal kelengkapan surat kendaraan dan kelayakan jalan hal yang diperiksa meliputi keadaan fisik berikut komponen sarana pendukung dari kendaraan.

"Hari ini kami melakukan kolaborasi kerja bareng dengan semua pihak agar pemeriksaan ini lebih intens, pemeriksaan sediri dari mulai kelayakan kendaraan termasuk awak angkutan, " terangnya.

Tak hanya pemeriksaan kelayakan oprasi dan surat kelengkapan kendaraan, kegiatan ini pun dilakukan pemeriksaan tes urine. "Pemeriksaan tes urin ini pun dilakukan oleh BNN untuk memastikan awak angkutan benar-benar sehat dan bebas narkoba, " tambah Kadishub.

Berdasarkan hasil hari ini sampel yang diperiksa sejumlah 26 orang semuanya negatif Narkoba dan hanya ada bentuk pelanggaran KTP, SIM STNK dan buku KIR. Hasil sidang tadi terlihat ada 20 pelanggar yang disidang di tempat.

"Sidang ditempat itu sendiri dipimpin oleh Hakim Soni Nugraha ,SH,.MH., panitra Bambang dan jaksa penuntut umum Anto wardianto,SH, kebanyakan dari para pelanggar mereka tidak memiliki kelengkapan surat berkendara, " pungkasnya.

Reporter : Dicky