KPU Cianjur Gelar Bimtek Penyempurnaan DPTHP 2

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

KPU Cianjur Gelar Bimtek Penyempurnaan DPTHP 2

REDAKSI
Senin, 10 Desember 2018



CIANJUR - Cek Update
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar Bimtek persiapan rekapitulasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke 2 tingkat kabupaten Cianjur.

Langkah ini sebagai upaya singkronisasi data pemilih dan dilibatkan pula Bawaslu Kabupaten Cianjur dalam Bimtek tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Hilman Wahyudi, menjelaskan saat ini ikut dilibatkan PPK  se Kabupaten Cianjur untuk melakukan penyempurnaan DPT untuk 2019. Salah satu hal yang dilakukan dengan melakukan verifikasi faktual bersama Bawaslu, terdata dari data yang diberikan Bawaslu Kab Cianjur ada 8383 pemilih ganda sebarannya hampir merata di setiap kecamatan.

"Penetapan DPTHP 2, secara nasional ada 6 provinsi  yang mengalami penundaan termasuk Jabar. Sehingga untuk Cianjur sendiri terus berkomunikasi dengan Bawaslu untuk menselesaikan hak pilih," tuturnya kepada para awak media baru-baru ini Senin (10/12/2018).

Hilman menjelaskan,atas rekomendasi KPU RI ditunda penetapan, ini tak lain agar hak pilih yang terjaga. Diharapkan permasalahan DPTHP 2 ini bisa selesai agar tak mengganggu tahapan berikutnya yakni logistik.

"Kami targetkan bisa menyelesaikan program DPTHP di bulan ini," bebernya.

Sementara itu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Cianjur, Hadi Dzikri Nur menjelaskan saat ini untuk Cianjur masih ada ditemukan yang TMS dan pemilih ganda. Tak hanya itu masih banyak NIK dan KK yang tidak menyambung teknis.

"Kami pun menghimpun data dengan Disdukcapil.
Ditemukan ada 8383 pemilih ganda sebarannya hampir merata di setiap kecamatan," jelasnya.

Saat ini pihaknya pun melakukan varifikasi data faktual langsung ke lapangan. Tentunya ini dengan melakukan konsolidasi dengan panwas di tingkat kecamatan dan desa.

"Kami lakukan ini agar hak pilih bisa tepat sasaran," pungkasnya.

Reporter : Dedy