Panwascam Parungkuda Laksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Panwascam Parungkuda Laksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019

REDAKSI
Selasa, 11 Desember 2018



SUKABUMI - Cek Update
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukabumi bersama Panwas Kecamatan Parungkuda melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 di Aula kantor Desa Kompa, Selasa (11/12/2018).

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019 dengan Moto 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu Dan Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu'.

Dipimpin langsung oleh Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Faisal Ripa'i. Dengan dihadiri Muspika Kecamatan Parungkuda, perwakilan Desa, Tokmas, Tokdat.

"Tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, agar memahami aturan yang telah diberlakukan sesuai undang-undang," katanya.

Lanjutnya lagi, kemudian memberikan pengawasan untuk malakukan pencegahan munculnya pelanggaran. Baik pidana mau pun kode etik yang sudah diatur dalam undang-undang. Salah satu contoh adalah pemasangan baleho.

"Salah satu tugas Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dan tindakan pelanggaran. Bawaslu akan mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dan ditetapkan," ujarnya.

Sementara itu menurut ketua Panwascam Parungkuda Herwin Suherwin menuturkan, pihaknya meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan media massa untuk membantu dalam hal pengawasan Pemilu. Serta melaporkan kepada Bawaslu, Panwascam atau pun Pengawas di Tingkat Desa apabila terdapat dugaan pelanggaran.

"Sosialisasi pengwasan ini dilakukakan berdasarkan perintah dari UU kepemiluan yang menjadi payung hukum dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019" ungkapnya.

Hasil sosialisasi ini agar dapat disampaikan juga kepada masyarakat. "Harapan kami, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan adil, transparan, dan jujur. Sehingga pelaksanaan dapat berjalan aman dan sukses," tutupnya.

Reporter : Jack