Pengadilan Agama Cibadak Sosialisasi E-Court, Gandeng BRI Syariah Untuk Impelementasi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Pengadilan Agama Cibadak Sosialisasi E-Court, Gandeng BRI Syariah Untuk Impelementasi

REDAKSI
Selasa, 04 Desember 2018



SUKABUMI - Cek Update
Pengadilan Agama Cibadak mulai memberikan sosialisasi terkait keberadaan  E-Court kepada para advokat. Hal itu menindak lanjuti Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang pelaksanaan administrasi perkara secara elektronik di lingkungan pengadilan, menjalin kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah untuk penyediaan dan pemanfaatan layanan jasa perbankan. Kerja sama ini ditandatangani oleh Drs. Asep Mujtahid Ketua Pengadilan Agama Cibadak dengan Suryana Kepala Cabang BRI Syariah di Kantor Pengadilan Agama Cibadak bersamaan dengan kegiatan sosialisasi E-Court, Selasa (04/12/2018).

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut, antara lain, penyediaan fasilitas perbankan yang mendukung sistem informasi di Pengadilan Agama Cibadak. Bank BRI Syariah juga turut serta dalam implementasi Pengelolaan Panjar Biaya Perkara/Secara Elektronik (E-Court) di Pengadilan Agama Cibadak. E-Court merupakan Aplikasi Pengadilan Elektronik yang dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan, namun saat ini yang bisa melakukan baru advokat.

E-Court terdiri atas program e-filing yang meliputi pendaftaran perkara secara online, e-payment yang meliputi pembayaran biaya panjar perkara secara online,  e-notification yang merupakan notifikasi secara online, dan e-summons yaitu pemanggilan elektronik yang didasari Perma Administrasi Perkara.

Sebagai bentuk dukungan Bank BRI terhadap program e-payment pada E-Court, Bank BRI Syariah akan mengimplementasikan sistem BRI virtual account untuk mempermudah pembayaran biaya panjar perkara secara online. Advokat terdaftar dimudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran panjar biaya perkara melalui teller BRI Syariah maupun melalui seluruh e-channel Bank BRI Syariah (ATM BRI Syariah, EDC BRI Syariah, Internet Banking, Mobile Banking, CMS BRI Syariah, dan Agen BRI Syariah Link).

Ketua Pengadilan Agama Cibadak, Drs. Asep Mujtahid, MH. mengatakan, fungsi keberadaan E-Court sangat memudahkan masyarakat, khususnya advokat untuk memproses administrasi perkara di pengadilan.

"Kami memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada para pengguna E-Court dalam hal ini adalah advokat. Dalam upaya mewujudkan proses perkara yang sederhana, cepat dan biaya ringan di Pengadilan Agama Cibadak," ujarnya.

Sementara Sekretaris Pengadilan Agama Cibadak, Drs.  E . ARIFUDIN, menyebutkan, E-Court adalah jawaban terhadap tuntutan era digital. Program terobosan ini akan menjadikan proses berperkara di pengadilan menjadi efektif dan efisien.

"Sebagaimana diketahui bahwa E-Court adalah layanan bagi para advokat untuk pendaftaran perkara secara online. Para advokat yang sudah terdaftar bisa mendaftarkan perkaranya di mana saja dan tidak harus saat jam kerja," terangnya.

Menanggapi keberadaan E-Court, Much Ujang Saepudin, SH, salah satu Advokat peserta sosialisasi, perwakilan dari LBH Perjuangan 45, menyambut baik sistem itu.

"Para Advokat akan semakin mudah untuk mendaftarkan perkara, karena tidak perlu datang dan antri di pengadilan. Untuk pembayaran maupun pemanggilan lewat elektronik," katanya.

Sejauh pengalamannya, administrasi yang selama ini dilaksanakan secara manual banyak memakan waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, terobosan tersebut banyak membantu advokat dan sekaligus kliennya yang sedang berperkara.

"Untuk para advokat harus paham dengan sistem digital seperti ini karena cukup membantu dalam pendaftaran perkara," harapnya.

Reporter : Jefry