Sempat Mangkrak 21 Tahun Akhirnya Jalan Tol Bocimi Seksi 1 Diresmikan Presiden Jokowi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Sempat Mangkrak 21 Tahun Akhirnya Jalan Tol Bocimi Seksi 1 Diresmikan Presiden Jokowi

REDAKSI
Sabtu, 01 Desember 2018





BOGOR - Cek Update
Ditandai dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi I Ciawi - Cigombong (Sta 15+000), resmi di buka, Sabtu (01/12/2018).

Peresmian jalan tol Seksi I sepanjang 15,35  KM dari total keseluruhan 54 KM ini dilaksanakan di Pintu Gerbang Tol Cigombong yang berada di Desa Watesjaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor - Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menuturkan proses pembangunan tol Bocimi yang sempat mangkrak hingga 21 tahun, kini sudah diresmikan walaupun sempat menjalani negosiasi.

"Kala itu lelang jalan tol Bocimi ditetapkan pada tahun 1997 namun setelah beberapa kali ganti investor hingga 21 tahun pembangunan tol Bocimi ini mangkrak, " terang presiden Jokowi.

Pada tahun 2015 kita lakukan negosiasi untuk diambil alih, dan dalam tahap pengambil alihan pun negosiasinya lumayan alot samapi satu tahun lebih. 

"Setelah sebelumnya negosiasi yang alot, barulah pada awal 2016 kita benar-benar fokus dilapangan kontruksi dan pembebasan lahan baru bisa dimulai kepada masyarakat yang tanahnya tergusur untuk pembangunan jalan tol ini," ujar Presiden ke 7 Republik Indonesia.

Presiden Jokowi pun menambahkan bahwasanya jarak tempuh Sukabumi-Bogor sejauh 54 KM antara Sukabumi - Bogor bisa ditempuh selama 5 jam (waktu normal) perjalanan dan apabila dalam kondisi macet (ada gangguan) perjalanan bisa mencapai 7 jam.

"Oleh karena itu kondisi tersebut tidak bisa di terus-teruskan, dengan adanya jalan ini," tambah Presiden.

Presiden Jokowi pun memiliki harapan kedepannya Jalan Tol Bocimi bisa terintegrasi dengan beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Cianjur, Bandung bahkan bisa hingga Cilacap Jawa Tengah.

Diakhir sambutannya orang No satu di Indonesia ini mengungkapkan dengan diresmikannya Tol Bocimi ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya dari segala sektor.

Reporter : Dicky
Editor : Jack