Jaringan Listrik Trouble, Warga Desa Warnajati Geruduk PLN

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Jaringan Listrik Trouble, Warga Desa Warnajati Geruduk PLN

REDAKSI
Jumat, 18 Januari 2019



SUKABUMI - Cek Update
Puluhan warga Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak geruduk kantor Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) PLN Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Kedatangan mereka meminta pertanggung jawaban pihak PLN karena warga tiga ke RW-an terdampak trouble listring (spaneng, red), akibatnya banyak alat elektronik yang mengalami kerusakan akibat terjadinya trouble.

"Lampunya ngedrop sudah sekitar tiga hari dan beberapa bulan terakhir. Akibatnya, banyak Telivisi, Kulkas dan alat elektronik lainnya mengalami kerusakan," ujar Abdul Khoer (32 tahun) salah satu warga Desa Warnajati kepada awak media, setelah selesai mendatangi kantor UPJ PLN di jalan Raya Karangtengah Cibadak, Jumat (18/1/2019).

Kata ia, di wilayah RW 5, 7, 8 yang terkena dampak trouble tersebut terdapat tiga kampung, yaitu Kampung Ranji, Lebaknangka dan Nyalindung. Warga pun, meminta pertanggung jawaban pihak PLN untuk melakukan penanganan secepatnya.

"Kita meminta pihak PLN agar cepat mencari akar permasalahan trouble listrik tersebut," katanya.

Sementara, Aris (27 tahun) warga lainnya menuturkan, ia berpendapat bahwa dengan adanya Peternakan ayam di wilayahnya yang menjadikan trouble listrik. Pasalnya, sebelum ada peternakan ayam, listrik di tiga kampung tersebut tidak mengalami masalah atau gangguan.

"Setiap kali peternakan ayam panen, pasti terjadi trouble. Makanya, kami mengira, ini akibat kurangnya dapur listrik (gardu listrik) yang kurang, karena pemukiman warga dan peternakan satu jalur listrik dari gardu yang sama," tuturnya.

Masih kata ia, sebelumnya warga sekitar sudah melaporkan kepada pihak PLN. Akan tetapi, pihak PLN hanya sebatas mengontrol saja. 

"Sudah dilaporkan, namun hanya sebatas kontrol kelokasi tanpa ada tindakan. Sehingga, permaslahan yang ada terjadi kembali," jelasnya.

Ditempat yang sama, Supervisor Tekhnik UPJ PLN Cibadak, Iwan Setiadi menjelaskan, gangguan tersebut sudah tiga hari kebelakang. Kemungkinan tiga hari mendatang akan normal kembali. 

"Sekarang kami akan pastikan dulu permaslahannya dan nantinya akan ada tehnik eksekusi dari kami," jelasnya.

Pihaknya pun, membatah bahwa PLN turun ke lokasi hanya mengecek saja. Pasalnya, sudah ada perbaikan dari Pihak PLN. Jika dikaitakn dengan peternakan, mungkin itu karena pembebanan dari jaringan.

"Itu kan jaringannya gabung sama kandang ayam. Rencananya, kami akan menarik jalur kabel/jurusan baru. Jadi intinya, antara pelanggan umum sama kandng ayam nantinya akan terpisah, jadi nnti kita akan membangun jaringan baru," tukasnya.

Reporter : S Ramdani (Chandra)