Kades Sukamanah Beberkan Alasan Pecat Perangkatnya

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Kades Sukamanah Beberkan Alasan Pecat Perangkatnya

REDAKSI
Rabu, 16 Januari 2019



CIANJUR- Cek Update
Kepala Desa Sukamanah, Dede Devina menjelaskan bahwa pemberhentian sementara terhadap perangkatnya bernama Amridan Lubis sebagai Kasi Pelayanan. Menurutnya sudah melalui prosedur.

Dede mengatakan, dirinya mengeluarkan sementara AL bukan berarti tidak berdasar, karena menurutnya jauh-jauh hari sebelum dirinya memberhentikan AL dengan berbagai pertimbangan dan komunikasi terhadap semua pihak yang ada di Desa.

Pihaknya terlebih dahulu sudah meminta pandangan kepada Badan Permusyawaratn Desa (BPD), LPM, Staf Desa, tokoh masyarakat termasuk Camat Cibeber Ali Akbar, terkait Perihal sikapnya berencana akan memberhentikan perangkatnya.

"Pertimbangannya saya berhentikan AL itu, memang kinerjanya sudah benar-benar kurang baik terhadap kinerja di mata saya dan masyarakat Desa," tuturnya saat di konfirmasi Cek Update, Selasa (15/1/2019).

Dede menjelaskan, AL yang tercatat sudah bekerja di Desa Sukamanah semenjak masa jabatan Kepala Desa sebelumnya yakni (Alm) Muklas, dan dikenal sebagai Poldes oleh masyarakat Desa Sukamanah yang menilai bahwa kurang bertanggung jawab.

" Terlebih dahulu kepada AL di berikan teguran hingga pemberian surat peringatan, mulai dari SP1 hingga SP2, bahkan sempat di ajak duduk bareng bersama saya dan Sekretaris Desa (Sekdes), agar dia mau memperbaiki kinerjanya, namun itu berjalannya cuma satu minggu selanjutnya begitu lagi," terangnya.

Menurutnya, bahkan yang paling fatal dilakukan AL yaitu, dia tidak bisa lagi mengemban peran dan tanggung jawabnya sebagai Kasi Pelayanan.

"Tapi peran dia itu tidak pernah di rasakan oleh sebagian masyarakat Desa, seperti contoh saya ada laporan dari salah satu kampung selama dia menjabat Kasi Pelayanan, dia tidak sekalipun pernah berkunjung ke kampung itu," bebernya.

Sehingga masyarakat pun mempunyai pandangan ada atau tidak adanya AL di Pemerintahan Desa Sukamanah tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Bahkan berdasarkan informasi, masyarakat Desa seperti mendukung langkah saya memberhentikan AL ini," bebernya.

Sehingga menurut Dede, pihaknya tidak mempunyai alasan lagi untuk mempertahankan AL bekerja di Desa yang dia baru pimpin.

"Saya ingin merubah kinerja perangkat Desa agar lebih konsisten dan bertanggung jawab dalam pemerintahan saya, sehingga perangkat yang memiliki sifat kurang atau tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tupoksinya saya berhentikan, saya ingin membangun Desa dengan baik, tanpa harus dicoreng oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tandasnya.

Sementara itu Camat Cibeber Ali Akbar mengatakan, saat ini pihaknya masih terus berupaya memediasi persoalan ini, sebelum menindaklanjuti ketahap berikutnya yakni mengeluarkan surat berupa surat rekomendasi pemberhentian perangkat Desa.

"Walaupun memang adanya beberapa aduan dari warga Desa Sukamanah tentang kurangnya pelayanan dari salah satu perangkat Desa," paparnya

Namun Camat, tetap akan berupaya memediasi persoalan ini dengan Kepala Desa bersangkutan agar AL bisa bekerja lagi di Desa Sukamanah. Karena menurutnya AL sendiri di keluarkanya baru sebatas ucapan dari Kades belum berupa surat pemberhentian.

"Mudah-mudahan saja ini tidak berlarut larut, karena bagaimanapun ini akan menguras energi Kepala Desa, untuk melaksanakan pembangunan Desa," pungkasnya.


Reporter : Dedy