Kajari Cianjur Ingatkan Kades Tentang Penggunaan Anggaran Dana Desa

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Kajari Cianjur Ingatkan Kades Tentang Penggunaan Anggaran Dana Desa

REDAKSI
Kamis, 17 Januari 2019



CIANJUR - Cek Update
Kejaksaan tinggi negeri (Kejari) Kabupaten Cianjur sosialisasikan penggunaan dana desa kepada para kepala desa se-Kabupaten Cianjur.

Sosialisasi tersebut guna mencegah penyelewengan anggaran dana desa oleh kepala desa.

"Kami terus berikan himbauan dan penyuluhan bahwa jangan sampai Kepala Desa terlibat masalah hukum karena penyalahgunaan anggaran Dana Desa (DD)," tutur Kepala Kajari Cianjur Yudhi Syufriadi usai memberikan sambutan di Acara Mukercab Apdesi Rabu (16/1/2019).

Kajari mengatakan, diakuinya berdasarkan pantauan pihak kejaksaan sampai saat ini masih ada yang kurang tentang apa yang mereka (Kades) harus lakukan, apa yang tidak boleh dilakukan. Sehingga mereka kadang kebingungan bagaimana cara menggunakan Dana Desa yang baik.

"Jadi belum tentu semua kepala desa ini tahu tentang pelaksanaan Dana Desa. Maka dari itu kami berikan terus sosialisasi seperti ini," paparnya.

Menurutnya,jika dilihat dari data tahun sebelumnya, ditingkat penyidikan sudah ada satu penanganan kasus penyimpangan dana desa oleh kepala desa. 

"Penyelidikannya sudah ada sekitar tiga hingga empat kasus, kebanyakannya kasus penyalahgunaan dana desa," terangnya.

Kajari menghimbau, bagi kepala desa yang belum mengerti tentang hukum, pihaknya mempersilahkan  datang kepada kejaksaan untuk meminta bantuan pemahaman hukum.

"Untuk himbauan juga kita selalu inten sekali setiap saat mulai dari penyuluhan hukum dan secara informal kami juga sering melakukan sosialisasi seperti itu kepada para kepala desa," pungkasnya.

Reporter : Dedy