Tuntut Penyelesaian, Ribuan Buruh Lakukan Long March Ke Kantor Disnakertrans Sukabumi

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Tuntut Penyelesaian, Ribuan Buruh Lakukan Long March Ke Kantor Disnakertrans Sukabumi

REDAKSI
Rabu, 06 Februari 2019



SUKABUMI - Cek Update
Ribuan buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) lakukan aksi long march dari Monumen Palagan Bojongkokosan menuju kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Rabu (06/02/19).

Ribuan buruh tersebut melakukan aksi long march menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan empat, dan nantinya akan melakukan aksi damai didepan kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi.

"Dalam aksi nanti kita akan menuntut beberapa hal, salah satunya belum adanya kepastian terbitnya SK Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK), " ujar Kordinator Dedi Mulyadi yang didampingi oleh Penanggungjawab Dadeng Nazaruddin aksi dilokasi.

Selain itu para buruh pun meminta Bupati Kabupaten Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami. MM untuk membuat surat himbauan kepada perusahaan-pemsahaan sektor AMDK PMDN, AMDK PMA dan RTMM, untuk pemberlakuan upah sektor tersebut per Januari 2019.

"Kami pun meminta agar penindakan terhadap maraknya pelanggaran-pelanggaran perusahaan terhadap buruh di Kabupaten Sukabumi, yang sampai saat ini belum ada penyelesaian yang kongkrit dari Pemerintah, " cetusnya.

Terlebih buruh menilai dengan lemahnya penanganan Pemerintah khususnya Disnakertrans Kabupaten Sukabumi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sukabumi.

Seperti halnya beberapa permasalahan di tiap-tiap PTP yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBl) yang diantaranya : 
1). Penyelesaian di PT.Sentosa Utama Garmindo;
2). Penyelesaian di PT.L&B;
3). Penyelesaian di PT.Peternakan Manggis V;
4). Penyelesaian di PT.SMU;
5). Penyelesaian di PT.ISS; dan
6). Penyelesaian di PT.Starchom Gistik Indonesia (SCI).

"Maka dari itu kami hari ini akan melakukan aksi damai di depan kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi agar secepatnya bisa terselesaikan, " pungkasnya.

Sementara itu hasil pantauan di lokasi, aksi damai yang dilakukan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat gabungan TNI, POLRI dan Dishub Kabupaten Sukabumi.

Reporter : Jack