Batu Karut Desa Warnajati Penuh Misteri

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Batu Karut Desa Warnajati Penuh Misteri

REDAKSI
Selasa, 19 Maret 2019



SUKABUMI - Cek Update
Batu Karut merupakan salah satu potensi wisata alam yang terletak di daerah Kampung Batu Karut RT 01/RW 10, Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Batu ini berada di aliran sungai Citatih yang berseberangan Kampung Bojong, Kelurahan Cibadak. 

Dibalik nama Batu Karut ternyata memiliki cerita yang menarik. Menurut cerita orang sekitar, di areal tersebut dulunya ada sebuah batu yang terikat akar beringin dan ajaibnya akar beringin ini bisa mengangkat batu itu keatas kurang lebih 1 meter. 

"Mistis Batu Karut dalam bahasa sunda "Batu anu dikarut ku akar" (Batu yang diikat dengan akar). Jadi kampung ini dinamakan Kampung Batu Karut. Tapi sekarang batu yang di ikat oleh akarnya itu sudah tidak ada," kata Edih Sutisna (69) warga setempat. 

Mistisnya menurut Edih, Penghuni Batu Karut ini tidak menyukai orang Sunda nya Sompral (Sombong). Banyak cerita mistik yang berkaitan dengan Batu unik dan bersejarah ini. 

"Batu Karut mempunyai bentuk yang unik, ada dua Batu dengan posisi terbelah," ungkap orangtua yang mengaku sudah puluhan tahun tinggal berdekatan dengan Batu Karut itu. 

Ditambahkan Endih, di bawah Batu Karut itu masih terdapat batu yang lebih besar dan terdapat Goa didalamnya, "Dua batu ini posisinya berada kuat diatas, Jadi saat aliran sungai membesarpun posisi batu ini tidak pernah berubah," terangnya. 

Mak Aah, warga setempat lainnya menyampaikan, Batu Karut ini juga mempunyai beberapa anak buah tangga dan besar seperti rumah. "Tangga nya seperti rumah dan diatasnya ada seperti tempat duduk dan meja, seperti tempat peristirahatan. Tak jarang tempat duduk diatas itu dipake duduk untuk mancing ikan, " ungkap Mak Aah.

Menurut Nenek berusia sekitar 70 tahunan itu, Ada keindahan dari Batu Karut ini, awalnya disini hanya terdapat beberapa rumah saja, karena daerah ini dulu dianggap seram. Kemudian setelah beberapa tahun terakhir, banyak orang yang tinggal pindah kesini.

"Batu ini sangat fenomenal dan mempunyai mitos yang tersembunyi, banyak orang yang tidak tau tentang keadaan batu ini," tutupnya.

Reporter : Ade