Eksotis Keindahan Tersembunyi di Goa Goa Kawasan Cukang Lemah

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Eksotis Keindahan Tersembunyi di Goa Goa Kawasan Cukang Lemah

REDAKSI
Senin, 29 April 2019



SUKABUMI - Cek Update
Jalan - jalan ke salah satu potensi wisata Goa yang ada dikawasan Cukang Lemah Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi memanglah sangat menyenangkan apalagi ditemani oleh sahabat, kerabat ataupun orang - orang tercinta. 

Nah, disini saya ingin bercerita sekaligus memperkenalkan tempat wisata yang memang indah dan sebenarnya sangat pantas untuk dikunjungi yaitu tempat wisata alam Goa Nangsi yang berlokasi di Cukang Lemah.

"Jalan akses menuju Goa Goa yang ada di Cukang Lemah ini sedikit menantang, pengunjung harus melewati perkampungan dan melewati kawasan perkebunan Sawit PTPN VIII Kebun Sukamaju yang luas. Jalan di perkebunan itu sedikit licin karena bertanah," kata Encip alias Cipta warga sekitar. 

Setelah itu, lanjut Encip untuk menuju lokasi pengunjung harus menitipkan kendaraan kepada warga setempat dan jika ingin di temani maka warga setempat yang sangat ramah itu bersedia untuk memandu.

Sebelum mencapai Goa Nangsi, pengunjung harus menuruni bukit terlebih dahulu karena tempat Goa ini sedikit tersembunyi. "Di sana ada beberapa Goa tetapi saya baru melihat 2 Goa yang satu bertempat di atas dan Goa lainnya berada di bawah dekat taman prabu siliwangi," terangnya.

"Jangan lupa, tambah Encip, ketika ingin ke Goa Nangsi harus bawa masker karena di dalamnya terdapat sarang kelelawar dan bawa senter sebagai penerangan untuk melihan keindahan di dalam Goa Nangsi," sebutnya. 

Menurut Encip, Goa itu dulunya merupakan sebuah tempat Patisalasan kerajaan Sunda Jaman Padjajaran dan kata warga dulu Goa tersebut merupakan tempat persinggahan Prabu Siliwangi dijamannya.

Goa ini sangat indah, dan belum terlalu banyak yang mengetahui dan mengunjunginya jadi suasana di sana masih sangat asri, cocok untuk yang senang dengan jelajah alam. "Memasuki Goa ini kita harus merunduk karena lubang menuju ruang Goa sangatlah pendek sekitar 70 cm dan terdapat aliran air yang sangat jernih dari dalam," ugkapnya.

Tetapi, ketika telah sampai di dalam ruang Goa tampak sangat luas dan terdapat pintu - pintu Goa. Tetapi di Goa atas pintu masuknya sangat tinggi tetapi jalan untuk memasuki ruang Goa sedikit menurun dan licin. 

"Sungguh itu adalah keindahan Indonesia yang tersembunyi, yang benar - benar masih alami. Jika anda berminat kunjungi saja Goa Goa di Kawasan Cukang Lemah ini, suasana alami akan menyambut dan memanjakan anda," sebutnya.

Sumber : Tim Cek Update