Melalui Anggaran DD Desa Gadog Bangun Rumah Singgah Sampah

Header Menu

Cari Berita

Slider

Advertisement

Melalui Anggaran DD Desa Gadog Bangun Rumah Singgah Sampah

REDAKSI
Selasa, 30 April 2019

CIANJUR - Cek Update
Guna mengatasi persoalan sampah dan menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan, Pemerintah Desa (Pemdes) Gadog Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.Saat ini tengah membangun rumah singgah sampah yang bersumber dari bantuan dana desa (DD).

Kepala Desa Gadog, Miftahudin mengatakan,tujuan dibangunkannya rumah singgah sampah yang berada di Kampung Sukamaju Rt 01 Rw 05 yakni,untuk menjawab persoalan maraknya warga membuang sampah kealiran sungai di wilayah desa gadog. Karena disebabkan tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara.

"Alhmadulillah melalui anggaran Dana Desa tahun 2019 hari ini, kita sedang membangun rumah singgah sampah," tuturnya saar di konfirmasi diruang kerjanya Selasa (30/4/2019).

Kades menjelaskan,anggaran yang turunkan untuk membangun rumah singgah sampah tersebut,bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2019 sebesar Rp 45 juta.

"Luas bangunannya 4 x 5 meter dengan ketinggian 3 meter," terangnya.

Kades berharap,setelah adanya rumah singgah sampah warga masyarakat Desa tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi ke sepanjang aliran sungai Desa Gadog.

"Karena secara teknis nanti para petugas akan mengambil sampah warga untuk di tampung di rumah singgah sampah Desa Gadog,jadi tidak alasan lagi warga membuang sampah ke aliran sungai" paparnya

Sementara itu Ade (43) salah satu warga Desa Gadog mengatakan,pihaknya sangat menyambut baik dengan program yang telah digagas oleh pemerintah desa gadog khususnya dalam hal mengatasi persoalan sampah di masyarakat. 

Karena menurutnya sebelum ada perhatian dari pihak pemerintah desa terkait sampah warga membuang sampah  sembarangan, ada juga yang membuang ke pinggir jalan, ada juga yang dibakar di depan rumah, serta membuang di aliran sungai.

"Alhamdulilah dengan adanya program peduli sampah yang digagas Pemerintah Desa Gadog, aliran sungai jadi bersih tanpa sampah dan kesadaran masyarakat kan membuang sampah pun jadi tertib," tukasnya.


Reporter : Dedy